Menambahkan email lain di Android

Kalau diperhatikan setiap orang akan memiliki lebih dari satu alamat email, yang pasti untuk Android akan terpasang satu alamat Gmail agar bisa menggunakan Google Play Store. Nah… yang bikin repot dan malas adalah mengecek inboxnya satu per satu, apalagi kalau email kerja butuh rutin dipantau. Sedangkan notifikasi email masuk hanya dari akun Gmail yang sudah terpasang di handphone Android. Benarkah cuma itu saja?

Sejatinya aplikasi Gmail yang secara default sudah terinstall dalam Android tidak hanya berfungsi mengelola akun Google anda saja, tapi bisa ditambahkan alamat email lainnya. Tidak hanya Gmail malah, bisa juga Outlook, Zoho, dan Yahoo juga penyedia email hosting lainnya. Bagaimana caranya? Silahkan tap icon menu (tiga garis disusun vertikal) di sebelah kiri atas pada aplikasi Gmail.

android-gmail-menu

Kemudian geser kebawah sampai anda menemukan opsi Settings, buka saja. Didalamnya akan muncul daftar email yang disinkronkan lewat app tersebut dan opsi Add account.

Selanjutnya tinggal pilih apakah anda menambahkan akun GMail/Google Apps lainnya atau menggunakan penyedia lain seperti Yahoo/Outlook dan sebagainya.

android-gmail-set-up-email

Yang diminta nanti adalah alamat email anda, passwordnya, dan kadang akan diminta mengisikan setting POP3/IMAP/SMTP dari mail server eksternal kalau yang anda tambahkan bukan dari layanan Google. Oh ya, anda bisa mengatur inbox anda akan dicek setiap beberapa waktu: tidak pernah, 15 menit, 30 menit atau 1 jam.

Setelah ini anda akan bisa mengecek email baru yang masuk ke alamat anda yang lainnya, juga akan mendapatkan notifikasi jadi tidak mungkin terlewat.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...