Menambahkan kemampuan chatting pada Mozilla Thunderbird

Mozilla telah menambah kemampuan chatting pada versi stabil terbaru email clientnya yaitu Thunderbird 15. Fitur ini memberikan pengguna Thunderbird kemampuan untuk menggunakan bermacam – macam jaringan chatting dalam program. Dukungan untuk Twitter, Google Talk, Facebook Chat, IRC dan XMPP juga telah tersedia.

Beberapa protokol instant messaging penting tidak diikutkan pada rilis versi tersebut, dan tidak ada kejelasan apakah Mozilla akan menambahkannya pada rilis akan datang.

Additional Chat Protocols untuk Thunderbird adalah extension baru untuk email client dari salah satu developer Instantbird, yang menambahkan dukungan terhadap protokol instant messaging yang telah ada seperti : AIM, Bonjour, Gadu-Gadu, GroupWise, ICQ, MSN, MySpaceIM, Netsoul, SIMPLE, Sametime dan Yahoo. Addon ini menggunakan bantuan library Pidgin untuk fungsi tambahannya.

Silahkan download extension ini dari repositori resmi Addons Mozilla. Untuk menginstalnya pada Thunderbird, klik pada Tools > Addons, dan pada tombol settings di sebelah field search all addon pada pojok kanan atas layar. Pilih install add-on from file dan ikuti instruksinya.

Untuk melakukan konfigurasi account chat baru klik Tools > Chat Status > Show accounts dan disana ada New Account yang akan memanggil jendela seperti dibawah.
Mozilla Thunderbird chat accounts

Thunderbird memperbolehkan anda sign in ke seluruh account saat program dijalankan kalau anda inginkan atau secara manual. Anda bisa chatting dengan seluruh kenalan anda pada setiap jaringan chatting yang terhubung dengan Thundebird, dan menggunakan kemampuan serachnya untuk mencari history dari chat anda.

Tulis komentar...