Menampilkan koneksi TCP dengan TCPLogView

Apakah anda tahu koneksi TCP apa saja yang terjadi dalam komputer anda? Apabila anda ingin mengetahui secara detail koneksi internet yang dibuat dari komputer anda, gunakan program tambahan untuk mengawasi lalu lintas koneksi internet.

TCPLogView merupakan program yang sesuai untuk memonitor jalur koneksi dengan protokol TCP (Transmission Control Protocol). Saat anda pertama kali menjalankan, tampilan aplikasi ini akan kosong. Program ini akan terisi informasinya saat terjadi koneksi TCP pada komputer.

Setiap koneksi akan diberi waktu dan tanggal, tipe koneksi (open atau close), alamat lokal dan alamat tujuan. Informasi lain seperti nama host tujuan, port lokal dan port tujuan, nomor proses dan lokasi proses juga akan ditampilkan bila tersedia.
tcplogview

Anda bisa menampilkan lokasi negara dari alamat IP tujuan, tapi and perlu mendownload file IP to Country sebelumnya. Hasil download diletakkan pada satu folder dengan program TCPLogView. Data yang ditampilkan sekarang bisa disimpan dalam bentuk text atau HTML untuk dianalisa dikemudian hari.
tcplogview-html-report

Contoh isi dari log file TCPLogView :

tcplogview-log-file

Program ini akan merekam koneksi TCP dengan jeda waktu tertentu, jadi tidak real-time. Kemungkian ada koneksi TCP yang sangat singkat tidak akan terdaftar disini. Pengguna Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8 perlu menjalankan program ini dengan hak administrator.

Tulis komentar...