Menampilkan thumbnail semua format video di Windows Explorer

Kalau kita memiliki banyak koleksi video kadang hanya dari judul filenya belum tentu anda ingat isinya apa, apalagi kalau tidak ditata rapi dalam kategori atau folder – folder. Biasanya dengan adanya gambar thumbnail dari file video atau film di Windows Explorer kita bisa langsung ingat apa isinya. Sayangnya tidak semua format video dikenali dan didukung pembuatan thumbnailnya oleh Windows.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa jaman format AVI, WMV dan apalagi DAT (file VCD) sudah lewat. Saat ini anda akan lebih sering menemukan video dengan format MP4, MKV, OGM dan sebagainya yang kemungkinan belum didukung oleh Windows secara default untuk dibuat thumbnailnya apalagi memainkan video tersebut. Solusinya? Anda bisa menginstall Icaros yang akan menambahkan dukungan thumbnail keseluruh format dan ekstensi file video yang didukungnya (atau FFMPEG lebih tepatnya yang digunakan sebagai mesin dari program ini).

icaros

Anda tinggal menjalankan aplikasinya dan akan otomatis mengaktifkan dukungan format video dan audio berikut: mkv, mk3d, avi, webm, ogm, ogv, flv, rm, rmvb, xvid, divx, flac, ogg, opus, ape, mpc, mka, ofr, ofs, spx, tak, tta, wav, wv. Anda bahkan bisa menambahkan sendiri ekstensi filenya, selama masih bisa dibaca oleh FFMPEG maka bisa dimunculkan gambarnya. Sedangkan Set thumbnail offset itu dipakai untuk berapa persen dari video akan digunakan sebagai gambarnya.

Mungkin anda bingung kalau audio kan isinya cuma musik atau lagu dan gambar thumbnail apa yang akan ditampilkan nantinya di Windows/File Explorer? Ternyata adalah cover art atau cover albumnya yang akan dipakai, ini kalau memang ada dan disisipkan dalam file audionya lho ya.

Secara keseluruhan Icaros ini mampu menjalankan fungsinya dengan sangat baik dan tanpa repot, cukup satu klik dan thumbnail video juga audio akan ditampilkan di explorer.

Satu pemikiran pada “Menampilkan thumbnail semua format video di Windows Explorer”

Tulis komentar...