Mencari album art untuk MP3

Kalau anda pernah menyetel lagu MP3 dan di audio playernya mendukung penampilan gambar cover art albumnya pasti ada yang cocok, kosong atau tidak ada, atau ngawur diisi gambar atau link situs tempat anda mendownload lagunya. Kalau anda ingin menyempurnakan koleksi lagu anda agar sesuai aslinya maka foto/gambar yang biasanya digunakan dalam kemasan CD/DVD audionya akan tepat sekali, lebih canti dan rapi.
Salah satu software yang bisa digunakan untuk mencari album art cover yang akurat, yakni Album Art Downloader: https://sourceforge.net/projects/album-art/. Tinggal anda install, update plugin – pluginnya kalau ada dan jalankan.

album-art-downloader

Cara menggunakan Album Art Downloader sendiri sangatlah mudah, tinggal cari berdasarkan nama artis atau bisa juga pakai nama album/singlenya. Nanti oleh aplikasi ini akan dicari datanya ke berbagai macam sumber seperti Amazon, Google Play Music, PlayAsia, iTunes, Last.FM, dan sebagainya. Sangat lengkap malah bisa mencari cover dari Vynil, AudioBook dan game untuk kategori lainnya.

Anda tidak tahu musik yang anda setel siapa penyanyi dan judulnya? Bisa coba dibuka menu File Browser lewat program ini dan berharap yang terbaik semoga bisa otomatis dikenali. Asalkan metatagnya lengkap biasanya memiliki akurasi yang bagus juga.

Nanti kalau ada yang cocok tinggal klik dan Save as saja. Secara default akan disimpan di Documents/Album Art/ gambar yang anda unduh. Nanti untuk pemasangan ke file MP3nya perlu tag editor, di beberapa audio player sudah mendukung fitur edit informasi meta ini. Jadi tidak bisa lewat Album Art Downloader karena fungsinya berbeda dan spesifik. Dan selain MP3 tampaknya juga mendukung MP4A, MP4, OGG.

Semoga bermanfaat. 🙂

Leave a Reply