Mencari berdasarkan gambar menggunakan Google Images

Mencari gambar atau foto di Google bisa dengan Google Images dengan mengetikkan kata kunci yang anda inginkan, tapi kalau mencari suatu informasi mengenai suatu gambar atau foto maka anda bisa menggunakan fitur pencarian berdasarkan gambar atau foto di Google Images. Jadi anda bisa melacak asal suatu gambar atau setidaknya tahu informasi tentang foto atau gambar tersebut.

Cara menggunakan Google Images Search mudah kok, anda cukup membuka halaman Google Images dan klik pada icon kamera yang bertuliskan Search by images.

google-images

Selanjutnya akan muncul jendela popup, defaultnya adalah menggunakan URL dari file gambar (Paste image URL) – anda bisa mengcopy-pastekan linknya dan kemudian klik Search by image.

google-images-search-by-image-paste-image-url

Atau anda mengubah tabnya ke Upload an Image untuk mencari menggunakan gambar yang ada di komputer anda. Begitu proses upload selesai anda akan dialihkan ke hasil halaman pencarian.
google-images-search-by-image-upload-an-image

Informasi mengenai ukuran gambar dan apa isinya akan muncul, semakin populer gambar atau foto tersebut akan semakin akurat hasilnya.

google-search-by-images-result-1

Selanjutnya Google akan menampilkan gambar – gambar yang mirip dengan yang anda cari, disusul dengan lokasi gambar yang anda cari tersebut di internet.
google-search-by-images-result-2

Cara mencari menggunakan foto atau gambar ini biasa disebut reverse image search dan TinEye merupakan salah satu alternatifnya. Salah satu contoh kasus fungsi pencarian gambar terbalik ini adalah untuk mengetahui asal atau sejarah dari gambar, juga dimana saja gambar tersebut berada – siapa tahu anda membutuhkan gambar tersebut dengan kualitas lebih baik.

Tulis komentar...