Mencari file terbesar di Windows 7

Kemarin rekan kerja saya meminta tolong bagaimana cara mencari dan mengetahui file – file apa saja yang berukuran paling besar di komputernya. Katanya sih mau membersihkan isi harddisk biar tidak cepat penuh. Rekan saya ini menggunakan Windows 7 dan caranya tidaklah sulit ternyata, sudah disediakan fasilitasnya.

Pertama anda perlu membuka Windows Explorer dan perhatikan di bagian kanan atas ada kotak pencarian berlabel “Search Computer”.
windows-7-computer

Klik pada kotak tersebut dan kemudian akan muncul 2 opsi, pilih Size.
windows-7-search-computer
Akan muncul pilihan berapa ukuran minimal file yang akan dicari, disini saya mencari file yang besarnya lebih dari 128MB di komputer.
windows-7-search-computer-size
Selanjutnya silahkan tunggu proses pencarian selesai, hasilnya tidak diurutkan berdasarkan ukuran melainkan lokasinya. Jadi anda perlu mengurutkannya sendiri untuk mengetahui file apa yang paling besar.
windows-7-search-computer-size-gigantic-results

Kalau sudah tahu terus mau diapakan file – file ini? Terserah anda sebenarnya, bisa and hapus kalau yakin aman atau dibackup ke harddisk lain. Alternatifnya kalau anda ingin mengetahui susunan folder dan file di Windows lengkap dengan grafik yang indah maka gunakan WinDirStat.

Tulis komentar...