Mencari informasi alamat IP tanpa internet

Sangat jarang anda terjebak situasi mencari informasi terhadap suatu alamat IP secara offline (tanpa koneksi internet). Mungkin anda ingin menganalisa alamat IP file log dari firewall atau komputer anda dan tidak sedang terhubung dengan internet atau anda tidak ingin meninggalkan jejak saat anda melakukan lookup alamat IP.
Sebuah program yang dijalankan secara lokal di komputer anda kemampuannya kemampuan terbaiknya tergantung dari informasi dalam database karena program ini tidak bisa menggunakan internet untuk melakukan update informasi baik per bagian maupun seluruhnya.

IPInfoOffline milik Nirsoft adalah program portable untuk sistem operasi Windows yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang berhubungan mengenai sebuah alamat IP. Informasi yang anda dapat mungkin tdaklah lengkap, tapi program ini akan memberikan kumpulan informasi yang mungkin akan berguna bagi anda.

Program ini menampilkan field tulisan kosong yang bisa anda gunakan untuk diisi sebuah atau kumpulan alamat IP. Anda bisa mengetikkan alamatnya secara manual atau copy paste ke form ini.

IPInfoOffline input text field

Proses pencariannya sendiri cepat karena program ini tidak menggunakan internet. Disini anda akan menemukan semua alamat Internet Protocol tiap baris tertata rapi seperti tabel. Untuk setiap IP anda akan mendapatkan jangkauan IP, nama organisasi, tanggal diberikan, nama negara dan kode negara, dan indeks.
IPInfoOffline interface
Fitur – fitur standar Nirsoft juga tersedia di program ini. Anda bisa membuat laporan HTML atau menyimpan kumpulan data sebagai TXT, XML atau CSV untuk investigasi lebih lanjut atau pernyimpanan saja. JIka anda memiliki database IP sendiri, anda bisa menggunakannya untuk menggantikan database program ini.
IPInfoOffline html report
Kalau informasi yang anda dapatkan dirasa kurang, anda bisa menggunakan layanan whois di internet. Cukup banyak layanan whois, salah satunya adalah whois.net.

Tulis komentar...