Mencegah blogspot berubah menjadi domain negara

Bagi anda yang memiliki blog di Blogger (dengan alamat bloganda.blogspot.com) maka pasti pernah mengalami kalau diakses dari luar negeri akan dialihkan menggunakan domain negara asal atau ccTLD (country code Top Level Domain). Jadi bukannya membuka blogspot.com bisa saja yang diakses adalah blogspot.com.au.

Ini adalah setting dari Google supaya bila ada sensor terhadap satu blog dari negara tertentu maka tidak akan berpengaruh terhadap akses dari negara lainnya.
blogger-logo
Tapi kekurangannya adalah bila link posting anda sudah dibagikan ke social media maka akan memiliki jumlah like, tweet atau +1 yang berbeda jadinya. Layanan komentar eksternal seperti Disqus atau Livefyre jelas akan bermasalah karena mereka tergantung oleh domain tempat digunakan. Dan tentu saja SEO, karena setiap domain negara akan memiliki peringkat tersendiri dan orang – orang bisa salah membuat link menuju halaman artikel yang menggunakan domain negara.

Bagaimana solusinya supaya alamat blogspot kita tetap di .com dan tidak berubah ke domain negara? Anda bisa menggunakan kode JavaScript dibawah untuk memaksa setiap pengunjung agar memakai blogspot.com:

 <script type="text/javascript">
    var blog = document.location.hostname.split(".");
    if (blog[blog.length - 1] != "com") {
    var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
    window.location.replace(ncr + document.location.pathname);
    }
    </script>

Sisipkan dalam Template yang anda gunakan, pada Edit HTML masukan tepat dibawah tag <head>. Mudah bukan?

Tulis komentar...