Mencegah Google menggunakan wajah dan nama anda dalam iklan di internet

Google baru saja mengupdate Term of Servicenya yang isinya secara singkat adalah bagaimana wajah, nama dan konten yang anda share dengan Google akan digunakan dalam iklan. Tidak mau identitas anda digunakan dalam iklan? Matikan fungsi Shared Endorsements ini!
google-shared-endorsements-in-ads

Walau perubahan ketentuan layanan Google akan diterapkan tanggal 11 November 2013. ada baiknya anda mencegah Google menggunakan profil tanpa seijin anda dalam promosi iklan di internet. Daripada anda terlambat dan ada kenalan anda yang menanyakan mengenai produk yang belum tentu anda tahu, ini bisa disebabkan nama dan wajah anda muncul di iklan lengkap dengan komentar yang mempromosikannya. Mengerikan bukan? Ini masih produk biasa, bagaimana kalau yang Google promosikan menggunakan identitas anda adalah produk di area abu – abu? Wah.. nama baik anda yang menjadi taruhannya.

Bagaimana cara mematikan Shared Endorsements Google?

Untung Google tidak mewajibkan fitur yang melanggar privasi ini, anda bisa mematikan akses Google terhadap informasi profil anda di Google melalui halaman Shared Endorsements. Cari bagian bernama Setting: Shared Endorsements in Ads di halaman ini.

Kemudian hilangkan centang disebelah tulisan “Based upon my activity, Google may show my name and profile photo in shared endorsements that appear in ads.” dan klik tombol Save untuk menyimpan setting Shared Endorsements in Ads.

google-shared-endorsements-in-ads-setting

Kalau anda sudah mematikan fitur +1 pada iklan maka fitur rekomendasi dalam iklan ini tidak aktif juga, jadi jangan bingung kalau kondisinya sudah tidak tercentang. Tapi fitur ini akan secara default dalam kondisi aktif, jadi sebaiknya anda mengecek ulang setting anda sebelum menjadi masalah di kemudian hari.

Selesai sudah proses supaya Google tidak menggunakan data apapun dari akun Google Plus atau layanan Google lainnya yang anda gunakan. Memang penggunaan social network semacam Facebook, Google Plus, atau Twitter mempermudah kita berkomunikasi dengan kenalan lama, keluarga, teman tapi ada resiko informasi yang kita berikan secara sukarela akan disalahgunakan seperti ini atau setidaknya melanggar kerahasiaan privasi kita. Sebaiknya kita berhati – hati setiap kali ada layanan atau apps yang mengubah ketentuan penggunaan layanannya.

Tulis komentar...