LOADING

Type to search

Windows

Mencegah listrik harddisk eksternal dimatikan

Kalau pernah menggunakan harddisk eksternal pasti tahu kalau setelah 15 menitan tidak aktif maka saat mengakses kembali akan ada jeda waktu (lag). Yang terjadi sebenarnya adalah ada setting hemat daya untuk perangkat eksternal yang terpasang, sehingga otomatis dimatikan listriknya kalau tidak terpakai.

Bisa dikatakan ini adalah setelan yang membantu penghematan konsumsi listrik, tapi kalau laptopnya terpasang terus (atau malah PC), maka belum tentu berguna bagi anda. Dan setiap sekian menit ada lag saat membuka Windows Explorernya juga lama – lama mengganggu juga.

Nah… Solusinya sendiri mudah, kita nonaktifkan saja setting tersebut. Bagaimana caranya? Silahkan buka Control Panel dan buka Power Configuration (atau cari powercfg.cpl) dan kemudian pada daftar mode daya (Power Plan) yang ada, klik change plan settings untuk yang ingin disesuaikan.

Selanjutnya klik link Change advanced power settings.

Baru didalamnya kita cari bagian Hard Disk > Turn off hard disk after. Ada 2 setting: On Battery dan Plugged In, bedanya sedang pakai baterai atau dicharge saja.

Nilai defaultnya 20 menit, dan untuk mematikannya gantilah nilainya jadi Never. Kalau bingung, isikan angka 0 didalamnya maka akan langsung disesuaikan.

Memang langkah – langkahnya agak panjang, tapi tidak ada yang sulit. Dan setelahnya hdd externalnya tidak akan mati sendiri kalau tidak terpakai.

Tags:

Tulis komentar...