Mencoba memperbaiki dead pixel pada layar LCD/LED

Salah satu kasus klasik yang kadang terjadi pada monitor jenis LCD/LED adalah adanya dead pixel. Kadang kita tidak menyadarinya apalagi kalau pas baru beli biasanya lupa mengecek secara lengkap apakah layarnya normal atau tidak. Matinya pixel ini sendiri kadang cuma berbentuk satu titik saja tapi tidak pernah berubah warnanya. Solusinya lebih mudah dikembalikan ke penjualnya dan minta ganti baru, ini kalau masih garansi.

Bila garansi sudah habis dan enggan mengeluarkan uang lagi untuk memperbaikinya maka anda bisa mencoba program PixelHealer. Memang dead pixel adalah kerusakan fisik pada monitor tapi bukan berarti pada Windows tidak ada metode secara software. Kecil kemungkinan sukses tapi tidak ada salahnya dicoba dulu kan?

pixelhealer

Tinggal anda download dan jalankan, ukuran programnya cuma sekitar 60KB dan portable. Nanti akan ada kotak merah, ini geser menumpuk pada lokasi dead pixelnya.

Setelah itu pada program PixelHealer anda bisa mulai proses penyembuhannya dengan klik Start Flashing. Sedikit peringatan, perubahan warna yang menyilaukan dapat memicu epilepsi. Harap berhati – hati dan kalau bisa jangan dilihat prosesnya.

Nah… pada dasarnya aplikasi ini akan merotasi warna pada area yang ditentukan, tujuannya adalah menstimulasi pixel – pixel yang rusak tersebut. Proses ini akan berlanjut sampai anda menghentikannya atau memanfaatkan timer kalau tidak mau menunggu.

Ampuh atau tidak mengatasi dead pixel? Sekali lagi tidak ada jaminan, dari beberapa monitor laptop yang pernah saya coba bisa dikatakan berhasil 1 dari 5. Jadi cukup kecil sekali kemungkinannya, itupun saya biarkan aktif semalaman. Semoga untuk kasus yang anda alami lebih baik lagi hasilnya. 🙂

Tulis komentar...