Mendaftarkan website di Alexa

Bagi pemilik situs atau blog tentu sudah familiar dengan Alexa. Layanan dari situs ini berguna untuk memperkirakan besar traffic pengunjung, berapa lama di situs, backlink yang dimiliki, statistik demografis pengunjung, peringkat situs anda dalam dunia dan negara, dan sebagainya.
alexa

Manfaat dari mendaftarkan website yang anda miliki di Alexa adalah anda bisa mengatur lebih jauh pada beberapa bagian hasil analisa situs anda di Alexa, yang secara langsung berhubungan dengan meningkatnya akurasi data Alexa mengenai situs anda.

Silahkan mendaftar akun Alexa dulu disini atau anda bisa langsung login menggunakan akun Facebook.
alexa-register-an-account

Buka dashboard Alexa setelah anda login. Geser layar kebawah, dan klik pada tombol Add a site untuk mengklaim situs anda di Alexa.
alexa-add-a-site

Pilih Free Plan, kecuali anda membutuhkan fitur tambahan Alexa Pro dan memang anda memiliki dana untuk membayarnya. Klik pada Sign Up dibawah nama Plan yang anda inginkan untuk menuju ke halaman berikutnya.
alexa-free-plan

Masukkan alamat website anda disini, contoh : utekno.com
alexa-enter-your-site

Bila anda sudah login maka anda akan langsung dialihkan ke halaman Claim Your Site. Disini anda bisa melakukan verifikasi kepemilikan website yang anda masukkan sebelumnya. Ada 2 cara untuk melakukan verifikasi situs di Alexa. Cara pertama download file dihalaman ini dan upload ke hosting website anda dengan FTP client favorit anda, setelah selesai mengupload klik pada “Verify this file on your site”. Cara kedua bila anda tidak memiliki kemampuan upload atau edit file di hosting anda, atau anda menggunakan layanan seperti blogger atau wordpress.com anda bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan menambahkan id verifikasi secara manual di template website anda. Lokasinya bisa dilihat di instruksi Alexa.
alexa-claim-your-site

Setelah berhasil melakukan verifikasi maka status anda akan berubah menjadi “Claimed” dengan metode yang anda gunakan untuk melakukan klaim di sebelahnya. Disini saya menggunakan metode pertama yaitu file.
alexa-site-claimed
Anda akan langsung dialihkan ke halaman edit Public Listing Information, di halaman ini anda bisa melakukan pengaturan informasi apa saja yang bisa ditampilkan di umum.
alexa-public-listing-information

Anda bisa mengisikan url dari website anda dan deskripsi singkat. Peringkat traffic di negara yang anda tetapkan. Juga informasi kontak yang bisa dihubungi publik. Bagian lain yang bisa diedit tersedia bila anda menggunakan plan berbayar.

Isikan dengan data yang anda inginkan dan anda akan dialihkan ke halaman menyatakan keberhasilan mengklaim situs anda di Alexa.
alexa-congratulations-site-claimed

Silahkan anda lihat di site info Alexa untuk situs anda maka akan ada informasi bahwa situs ini telah berhasil diklaim.
alexa-status-claimed

Selesai! Mudah bukan menambahkan situs anda di Alexa. Anda bisa mengendalikan informasi yang tampil di umum dengan mengklaim situs anda di Alexa, jadi bila ada informasi yang kurang lengkap atau berkenan bisa anda edit.

Satu pemikiran pada “Mendaftarkan website di Alexa”

Tulis komentar...