Mendapatkan gambar gratis (Creative Commons) dari Flickr

Oke, ini biasanya dilema pembuat konten blog atau website. Anda telah menuliskan sebuah artikel istimewa tapi masih polosan tidak ada gambar atau foto yang menemaninya. Jadi kalau dibaca agak kurang menarik, sedangkan anda tidak sempat mengambil foto atau tidak ada kemampuan mendesain gambarnya.

Menggunakan gambar atau foto hasil karya orang lain tanpa ijin bisa beresiko anda dikomplain minimal, bahkan kena klaim DMCA, atau kena tuntutan hukum. Ini yang tidak kita inginkan bukan. Nah disinilah letak peran lisensi Creative Commons, yang secara singkat anda bebas dan gratis menggunakan media yang dilisensikan asalkan anda mematuhi syaratnya.

Lalu dimana tempatnya kita mendapatkan foto dan gambar gratis ini? Tidak usah mencari jauh – jauh, anda bisa mencarinya dengan mudah di Flickr. Silahkan kunjungi halaman Flickr: Creative Commons dan anda akan disuguhi koleksi foto dengan berbagai jenis lisensi Creative Commons. Lisensi CC ini terdapat berbagai macam batasannya, jadi jangan sampai salah pilih.

flickr-creative-commons

Klik See More pada gambar atau foto dengan lisensi yang cocok dengan kebutuhan anda, maka akan muncul halaman pencarian khusus untuk media dengan lisensi tersebut. Ketikkan kata kuncinya dan klik Search.

flickr-creative-commons-cc-by-2.0

Hasil pencarian akan muncul dan silahkan pilih gambar yang paling cocok dengan kebutuhan. Disini lisensi CC yang saya pilih mewajibkan adanya atribusi kepada si pencipta dan link ke sumbernya.

flickr-creative-commons-cc-by-2.0-indonesia

Sekian saja caranya, mudah bukan? Oh ya, Kalau anda membutuhkan gambar untuk kebutuhan komersil pastikan anda mencari lisensi CC yang memperbolehkan untuk digunakan secara bebas untuk komersial.

Tulis komentar...