Mendapatkan kacamata dari BPJS Kesehatan

Advertisements

Punya kartu BPJS Kesehatan dan ingin menggunakan fasilitas kacamatanya? Pas kalau begitu, disini saya ingin berbagi pengalaman waktu ikut mengurus kacamata oleh saudara saya. Karena memang prosedurnya sendiri ga bisa langsung beli kacamata ke optik modal bawa kartunya doang. 🙂

Cara membeli kacamata dengan BPJS Kesehatan

  1. Surat Rujukan. Langkah awal harus ke fasilitas kesehatan pertama (faskes 1) dan menyampaikan ingin surat rujukan untuk klaim subsidi kacamata.
  2. Periksa Mata. Selanjutnya anda datang ke faskes 2, biasanya dokter spesialis mata atau rumah sakit. Nanti akan diinfokan kemana. Disini akan diperiksa kondisi kesehatan matanya. Dan kalau lancar prosesnya maka akan mendapatkan resep dokter.
  3. Legalisir Resep. Sekarang kita perlu ke kantor BPJS Kesehatan untuk legalisir resepnya. Perlu fotokopi kartu KTP dan BPJS. Nanti dokumennya akan distempel.
  4. Beli kacamata. Nah akhirnya kita bisa beli kacamatanya, mau ke toko kacamata/optik mana bebas. Tapi mungkin survey dulu harganya dan cek reviewnya di Google Maps.

Dari 4 langkah diatas bisa mudah atau susah tergantung situasi di lapangan. Kenapa? Karena dari faskes 1 ke dapat surat legalisir kami menghabiskan waktu 3 harian. Ya ke lokasi rujukan, bensinya, parkirnya, antriannya dan melengkapi syarat-syaratnya.

Advertisements
pixabay kacamata
Image by Free-Photos from Pixabay

Gara-gara ini juga mematahkan pemahaman saya bahwa kacamata itu gratis. Ternyata tidak, saya jabarkan dulu berapa yang ditanggung pemerintah:

  • Kelas 1: Rp. 300.000
  • Kelas 2: Rp. 200.000
  • Kelas 3: Rp. 150.000

Disini saya tergelitik bertanya ke beberapa toko sewaktu survei harga soal kacamata gratis BPJS. Ternyata konsensus semuanya cocok. Kalau dulu waktu awal-awal BPJS Kesehatan diluncurkan memang bisa harga sesuai subsidinya, tapi sekarang ga mungkin lagi karena semua bahan naik.

Karena saudara saya pakai kelas 3, otomatis jatahnya 150 ribu. Dan ini waktu ke optik cuma bisa beli framenya saja yang termurah, jadi belum lensa. Akhirnya keluar lagi biaya 150 ribu buat mendapatkan lensanya. Untung saja nilai minus dan silindernya ga besar, kalau parah malah bisa mahal disini.

Dan variasi harga lensa spesifikasi sama ini antar toko bisa sangat beda selisihnya, 150 ribu itu termasuk yang paling murah, ada yang menawarkan 200-300 ribuan. Jadi wajib hati-hati kalau budgetnya terbatas. Karena itu saya tuliskan ini subsidi kacamata bukannya kacamata gratis.

Semoga pengalaman ini bermanfaat. 😀 Aslinya ga ada yang sulit untuk mendapatkan kacamata lewat BPJS Kesehatan, cuma repot saja ngurusnya.

Advertisements

Tinggalkan komentar