Mendeteksi pengunjung yang menggunakan AdBlock di Google Analytics

Saya lihat banyak pemilik website yang mengeluhkan penggunaan AdBlock di browser pengunjungnya dan menyatakan ini mengurangi penghasilan dari iklan yang ditampilkan seperti dari Google AdSense, Media.net, AdsOptimal, Adversal, BuySellAds, dan masih banyak lagi. Penggunaan AdBlock untuk blokir iklan memang hak masing – masing, tapi sebelumnya apakah anda ingin tahu dari seluruh visitor blog atau situs anda berapa banyak yang memakainya?

Aslinya saya penasaran ingin tahu akan hal ini karena pernah menemukan adanya popup untuk mematikan AdBlocker saat mengunjungi situs tertentu. Karena kebetulan saya memiliki blog yang ikut memajang iklan tentunya AdBlock ini akan berpengaruh dalam penghasilannya. Tapi apa betul tingkat penggunaan AdBlock pada browser yang dipakai cukup besar? Ini pertanyaan saya.

Yang pasti asumsi saya anda sudah bisa mendaftarkan website di Google Analytics dan memasang kodenya di website anda, dan setelah itu silahkan sisipkan kode berikut sebelum tag penutup BODY. Nantinya kode ini akan mendaftarkan event kedalam Google Analytics apabila diketahui browsernya tidak memuat iklan.

<script> 
  window.onload = function() { 
    // Penundaan eksekusi kode untuk menunggu loading iklan Google asynchronous
    setTimeout(function() { 
      // Dapatkan kode Google AdSense pertama pada halaman
      var ad = document.querySelector("ins.adsbygoogle");
      // Jika iklan tidak dimuat maka buat catatan eventnya.
      if (ad && ad.innerHTML.replace(/\s/g, "").length == 0) {
        if (typeof ga !== 'undefined') {
            // Catat kejadian ini di Universal Analytics
            // Tapi tidak mempengaruhi bounce rate
            ga('send', 'event', 'Adblock', 'Yes', {'nonInteraction': 1}); 
        } else if (typeof _gaq !== 'undefined') {
            // Catat event non-interaktif di Google Analytics
            _gaq.push(['_trackEvent', 'Adblock', 'Yes', undefined, undefined, true]);
        }
      }
    }, 2000); // Jalankan kode deteksi AdBlock 2 detik setelah halaman dimuat
  }; 
</script>

google-analytics-events-overview-adblocker

Nanti hasilnya akan muncul di Google Analytics untuk situs anda di halaman Behavior > Events. Akan muncul angkanya berapa dalam sehari pengunjung anda yang memblokir iklan dan nanti bisa dibandingkan dengan jumlah pengunjung per hari untuk mendapatakn rasionya dalam persen.

Oh ya, script diatas tidak berguna kalau pengunjung juga memblokir kode untuk pelacakan seperti Google Analyctis, HiStats, StatCounter, dan sebagainya. Tapi daripada tidak sama sekali kan?

Saya mendapatkan potongan kode diatas dari blog Amit Agarwal dengan judul “How to Track AdBlock Users to your Website with Google Analytics” dan saya publikasikan ulang kodenya dengan seijinnya. Terimakasih ya om Amit! 😀

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Mendeteksi pengunjung yang menggunakan AdBlock di Google Analytics”

Tulis komentar...