Cara mengajukan unlock bootloader Xiaomi

Sudah 2 mingguan saya ganti hp ke Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan masih pakai ROM China juga belum diunlock bootloadernya. Jadi ingin install custom ROM atau semacamnya jelas sulit sekali atau bahkan tidak bisa. Apabila ada niat memodifikasi jeroan handsetnya maka wajib unlock dan ini perlu diajukan secara resmi.

Sebenarnya secara prosedur sangatlah mudah, tinggal akses link berikut: http://en.miui.com/unlock/ dan klik Unlock Now untuk menampilkan formulirnya. Nanti akan diminta login ke akun Mi.com anda kalau belum karena akan diasosiasikan ke setiap perangkat yang sudah diregistrasikan kedalamnya.

Langkah selanjutnya adalah mengisikan nama, nomor handphone terdaftar (saya samakan dengan yang ada di akun Mi), kemudian isikan alasannya kenapa ingin dibuka kunci bootloadernya. Isikan dalam bahasa Inggris.

Anda bisa meniru apa yang saya tuliskan diatas, yang intinya saya ingin mengganti ROM CN ke Global karena tidak bisa pakai bahasa Indonesia. Tapi saran saya menuliskan sendiri walaupun belepotan karena katanya kalau banyak yang sama kata – katanya akan ditolak. Mungkin lebih baik pakai Google Translate dari Indonesia ke Inggris, masih bisa dipahami maksudnya.

Sebelum permohonan disubmit maka langkah terakhir adalah verifikasi nomor hp yang anda masukkan. Cuma mengisikan kode yang ada dalam pesan dari Xiaomi saja, bukan hal yang sulit.

Berapa hari prosesnya? Secara resmi estimasinya bisa mencapai 10 hari dan akan dikabari dari SMS. Pengalaman saya ternyata cukup 3 hari saja sudah ada pesan masuk dari nomor hp yang tidak dikenal, bukan pakai nama xiaomi seperti verifikasi sebelumnya. Mungkin lebih hemat pulsa. 😛

Tulis komentar...