Mengaktifkan internet banking Bank Mandiri

Punya tabungan dan kartu ATM Bank Mandiri rasanya kurang apabila fasilitas internet bankingnya tidak digunakan juga. Tidak perlu untuk transaksi, cukup untuk cek saldo saja sudah sangat membantu daripada repot – repot ke ATM untuk melihatnya atau ke teller untuk cetak buku tabungan. Kalau bisa dari rumah kenapa kita harus repot – repot kan?

Nah… kita dapat dengan mudah mengaktifkan internet banking Mandiri, dan panduan ini akan saya bagi menjadi 2 tahap sesuai dengan dimana kita melakukannya.

Mesin ATM Mandiri

Langkah awal dalam aktivasi internet banking Mandiri adalah meminta kode aksesnya lewat ATM, jadi silahkan:

  1. Seperti biasa ke mesin ATM Mandiri terdekat.
  2. Buka menu TRANSAKSI LAINNYA.
  3. Pilih Pendaftaran E-BANKING.
  4. Masuk ke INTERNET BANKING.
  5. Akan diminta menyetujui syarat dan ketentuannya.
  6. Masukkan PIN ATM untuk verifikasi.
  7. Akhirnya masukkan PIN untuk internet banking sebanyak 6 digit. Ini adalah Access Codenya.

Pada struk yang keluar nanti isinya adalah bukti kalau anda meminta aktivasi internet banking. Untuk tahap ATM selesai sampai disini.

Situs BankMandiri.co.id

Mari kita lanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu aktivasi lewat BankMandiri.co.id, silahkan bukan situsnya dan kemudian:

Dibagian sebelah kanan ada kotak Mandiri Internet, klik Aktivasi.

  1. Akan diminta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  2. Masukkan 16 digit pada kartu ATM anda di ACCESS ID, dan PIN yang anda buat di ATM tadi di ACCESS ID.
    aktivasi-mandiri-internet-banking-access-code-id
  3. Kalau sukses akan diminta mengisikan username, pin, alamat email dan bahasa yang digunakan.
    aktivasi-mandiri-internet-banking-username-pin-email

    Catatan saja username disini harus gabungan angka dan huruf minimal 6 karakter maksimal 10 karakter, misal: chandra123. PIN Lama dan PIN baru juga tidak boleh sama.

  4. Setelah berhasil maka anda dapat langsung login.

Saya butuh setengah jam cari inspirasi buat username mandiri internet ini. Semuanya sudah digunakan. 🙁

Selesai sudah langkah – langkahnya untuk mengaktifkan internet banking Mandiri. Harap ingat, ini cuma bisa cek saldo atau mutasi rekening. Kalau ingin melakukan transaksi finansial perlu ke customer service bank Mandiri untuk mendapatkan token, harganya Rp.20.000.

Semoga bermanfaat. 🙂

10 pemikiran pada “Mengaktifkan internet banking Bank Mandiri”

  1. Saya mau tanya, kalau mau cek rekening koran 10 bulan yang lalu (agustus 2016) bisa gak ya pak lewat mandiri internet ini? Ditunggu jawabannya. Terima kasih

  2. Jd sy uda daftar internet banking mandiri sejak lama dan sudah saya pakai normal sampai sekarang. Lantas tiba tiba saya nemu aplikasi mandiri online di app store karena iseng saya download dn login menggunakan id internet banking dan berhasil. Lantas skrg saya sdh jarang buka internwt banking karena lebih mudah pakai aplikasi. Cuman tadi butuh cek mutasi kan harus buka internet banking pas saya. Login knp kok tulisannya you not prefer to login gt ??
    Apa akun saya di suspend oleh bank mandiri ? Tp knp pas buka lewat aplikasi mandiri online bisa ?

    • Ada pesan lengkapnya mas?

      Ini dari pesan errornya kemungkinan ada prioritas login/akses terpercaya. Jadi diblokir salah satunya.

  3. Karena ada keperluan transaksi lewat Atm mandiri,Saya meminjam atm mandiri temen dan berikan pin nya ke saya ,posisi saldo Atm nya 9 rb ,dan saya memasukkan uang ke atm tersebut ,dengan tujuan transaksi tadi,Tp tiba” uang yg saya masukkan hilang,setelah dtg ke bank bersama temen sipemilik rek ,jenis transaksi itu online,temen tersebut menuduh saya telah mengaktifkan i banking mandiri ,dan menuduh saya lah yang melakukan transaksi tersebut,saya sdh kehilangan uang,saya pula yang dituduh melakukan transaksi online..Ada yg bisa bantu pencerahan?terimakasih

    • Transaksi Internet Banking? Hmmm… saya jelaskan dulu mbak:
      1. Internet Banking yang diaktifkan lewat ATM (yang saya jabarkan diatas) itu hanya bisa buat cek saldo dan mutasi. Tidak bisa dipakai transaksi apapun.
      2. Untuk melakukan transaksi lewat IB Mandiri perlu namanya Token Mandiri (alat biru kecil) yang fungsinya untuk verifikasi transaksi. Kalau ga ya ga bisa.
      3. Sedangkan untuk memiliki token ini harus pemilik tabungannya sendiri mengajukan ke bank, dengan membawa buku tabungan dan kartu ATMnya.

      Jadi kalau mbak yang kondisinya pinjam ATM dan dituduh melakukan internet banking berarti mbak memiliki skill hacker yang istimewa sekali. Bank Mandiri pasti cari mbak buat jadi konsultan keamanannya.

      Intinya, ga mungkin dan ga bisa melakukan internet banking kalau tidak ada tokennya.

      Saran saya, kalau masih ngeyel. Bawa kembali ke bank Mandiri dan minta petugasnya jelaskan bagaimana caranya transfer/bayar lewat internet banking. Butuh/prosedur apa saja. Kalau mbaknya cuma modal kartu ATM namanya sulap kalau bisa. 🙂

  4. Saya pakai mandiri online. Tapi mau ngecek history transfer lewat atm di mandiri online, transaksi nya kelihatan tapi nama tujuan nya ko gak keliatan ya.. Ada solusi gak gan? Selain harus ke bank.?

Tulis komentar...