Mengaktifkan perlindungan hotlink file di cPanel

Melindungi aset yang kita miliki di internet merupakan hal yang wajar, apalagi itu merupakan hasil karya cipta yang kita perlihatkan untuk menyampaikan informasi. Sehingga apa yang bisa dilakukan kalau file dalam website anda dilink secara langsung tanpa seijin anda?

Sebelumnya saya pernah membahas bagaimana cara melihat penggunaan bandwidth hosting dan mengetahui ada orang yang meng-hotlink ke file anda. Hotlink ini merugikan bagi pemilik website karena bandwidth akan ikut terkuras tapi pengunjung tidak pergi ke website asal, apalagi hasil kerja kita disebarluaskan tanpa ijin dan atribusi.

Mengaktifkan Hotlink Protection di cPanel

cPanel sesungguhnya telah memiliki sistem untuk melindungi file anda supaya tidak bisa diakses bila permintaan bukan dari domain website anda, fitur ini dinamakan Hotlink Protection. Untuk menggunakan fitur ini sebelumnya akses dulu cPanel website anda.

cpanel-overview

Kemudian cari bagian Security dan klik HotLink Protection.

cpanel-security

Hotlink Protection ini mencegah file anda di direct link di website lain, sehingga bandwidth hosting anda tidak tercuri begitu saja. Cara menggunakannya adalah dengan memasukkan url domain yang anda anggap aman, seperti alamat website anda sendiri http://nama-domain-anda.com dan sebagainya. Tambahkan alamat domain lain yang sekiranya diperbolehkan me-link file anda secara langsung pada bagian “URLs to allow access:”.

cpanel-hotlink-protection

Isikan juga format file yang ingin diproteksi linknya pada bagian “Block direct access for these extensions (separate by commas):” dipisahkan dengan tanda koma. secara default akan diisi file dengan format gambar (jpg, jpeg, gif, png, bmp), bila ada lagu atau musik tambahkan saja (mp3, aac, flac, ogg), dan bila ada video tambahkan saja (avi, mp4, flv, wmv, mkv, ogm, webm,mpg) dan sebagainya.

Klik Enable untuk menghidupkan Hotlink Protection untuk website anda, dan setelah itu seluruh file anda tidak bisa diakses dan tampil di website lain.

2 pemikiran pada “Mengaktifkan perlindungan hotlink file di cPanel”

  1. Hallo mas, saya ada masalah mengenai bandwidth saya selalu habis dan mungkin salah satu penyebabnya yaitu artikel serta gambar di wesbite saya di copas blog lain. Karena saya buka gambar di website yang copas tsb mengarah ke domain website saya. Dan saya sudah coba aktifkan Hotlink Protection di cpanel website saya, akan tetapi kenapa gambar di website yang copas tadi masih bisa di akses ya mas ? Atau adakah cara lain ya mas ? Mohon pencerahannya dan sebelumnya terima kasih. Salam

    Balas
    • Mas sudah melakukan hard reload belum? CTRL+F5, masih dicache browser anda kalau pernah dikunjungi situsnya.

      Proteksi gambar saat ini di cPanel cuma bisa lewat blokir hotlinknya.

Tulis komentar...