Mengaktifkan Public Folder di Dropbox

Public folder adalah jenis folder Dropbox yang isinya bisa diakses semua orang di internet tanpa memerlukan hak akses. Kemampuan folder ini tentu sangat memudahkan dalam berbagi file tanpa repot – repot melakukan konfigurasi lebih lanjut. Tapi kemudahan ini juga mengakibatkan isi public folder ini diindex oleh search engine seperti Google atau Bing.

Jika anda tidak hati – hati, jangan sampai dokumen atau file penting anda bisa diakses oleh yang tidak berkepentingan. Dropbox sebelumnya telah mengumumkan bahwa fitur public folder ini tidak akan diaktifkan untuk pengguna baru mulai tanggal 31 Agustus 2012. Perubahan ini tertunda sampai baru – baru ini dilaksanakan, jadi akun baru Dropbox tidak akan memiliki public folder.

Bagi yang sudah memiliki akun Dropbox tidak akan terkena dampak perubahan ini, jadi public folder anda masih akan bekerja sebagaimana mestinya.

Pengguna akun baru dropbox akan menggunakan fitur sharing baru yang memberi kemampuan untuk berbagi seluruh file atau folder di lokasi manapun di akun anda. Walau public folder tidak secara otomatis dibuat pada pengguna baru Dropbox, tapi ada cara untuk membuat public folder untuk jenis akun tersebut. Hal yang perlu anda lakukan adalah klik link berikut untuk akun baru.

dropbox-enable-public-folder

Pengguna Dropbox umumnya tidak akan merasa kehilangan fungsi public folder, tapi bagi yang membutuhkan anda bisa menggunakan link di atas untuk mengaktifkannya.

Tips bagi pengguna Dropbox untuk mengetahui file dan folder anda yang bsia diakses publik pada akun Dropbox, anda bisa menggunakan link berikut untuk melihatnya.

dropbox-links

Halaman dropbox ini akan menampilkan seluruh file dan folder publik anda dan memberikan pilihan untuk mengubah hak aksesnya.

8 pemikiran pada “Mengaktifkan Public Folder di Dropbox”

    • Boleh tahu tidak berhasilnya seperti apa?

      Ada 2 link dalam artikel ini. Klik link pertama untuk menghidupkan public folder di Dropbox, sedangkan link kedua untuk menampilkan seluruh file anda yang tersedia untuk publik.

    • Halo, tampaknya karena link untuk menghidupkan public folder cuma 1 kata dengan warnanya oranye menyebabkan banyak yang kelewatan.

      Sudah saya update supaya gambar enable public folder menuju aktivasi fitur tersebut, cukup klik pada gambar dan public folder pada dropbox akan bisa digunakan.

    • Loh iya, baru saja saya cek menggunakan akun Dropbox baru. Pesan yang tampil:

      If you would still like to enable your Public folder, you must be a Dropbox Pro or Dropbox for Business user. Currently only Pro and Business users may enable Public folders from this page.

      Sekarang public folder hanya bisa diaktifkan menggunakan Dropbox versi berbayar (Pro atau Business). 🙁

Tulis komentar...