Mengambil teks dari yang tidak bisa dicopy

Kadang dalam salah satu pembahasan saya dalam memperbaiki error Windows akan saya minta apa isi pesan kesalahannya. Seringnya teks dalam jendela errornya tidak bisa dicopy-paste jadi yang konsultasi terpaksa menulis ulang dan kadang kurang akurat juga karena dalam bahasa Inggris. Solusi paling mudahnya ya kirimkan screenshot dan dari sana bisa mengira – ngira penyebab masalahnya.

Nah… kalau pesan errornya singkat dan jelas kita ketik ulang sih ga masalah, tapi kalau panjang bisa 1 paragraf lebih ya kadang malas juga. Apalagi kalau tidak ada kode atau angka errornya. Jadi sulit identifikasi dan mau tidak mau menuliskan teksnya lengkao. Dari sini saya berusaha mencari cara agar teks yang muncul dalam jendela, dialog atau program yang biasanya tidak bisa dicopas menjadi bisa dicopas.

textify

Benar saja ada aplikasinya dengan fungsi tersebut bernama Textify, ukurannnya kecil sekitar 78KB, bersifat portable jadi tidak perlu diinstall langsung jalankan saja untuk menggunakannya.

Untuk copas teks tinggal arahkan kursor mouse ke tulisannya, kemudian tekan tombol SHIFT diikuti tombol tengah mouse (yang scroll wheel). Ini setting defaultnya, dan bisa anda ubah ke kombinasi tombol lainnya. Maka bagian yang dipilih akan berubah menjadi kotak input teks, silahkan anda copykan dengan CTRL+C atau klik kanan > Copy. Sama saja kok. Tinggal anda Pastekan isinya ke Notepad, website, dokumen Word dan sebagainya. Mudah kan?

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...