Mengatasi “Can’t establish secure connection” pada Dropbox

Masalah ini baru saja menimpa saya kemarin malam, tiba – tiba saja icon dari Dropbox di taskbar Windows terdapat lambang stop berwarna merah. Pesan peringatan yang muncul saat kursor mouse diatas icon Dropbox tersebut adalah “Can’t establish secure connection”.
dropbox-cant-establish-secure-connection

Wah… ini menunda pekerjaan saja jadinya, mestinya tugas kita selesai dan siap dibagikan ke rekan kok jadi tidak bisa terhubung ke server Dropbox. Beberapa file dokumen hasil kerja juga menjadi tidak sinkron dengan yang di komputer, dan file backup anda tidak tersimpan ke Dropbox. Bisa runyam kalau selama Dropbox tidak berfungsi terjadi musibah.

Setelah mencari solusi untuk mengatasi masalah yang menimpa Dropbox ini ternyata ada beberapa hal yang bisa menyebabkannya. Semuanya berhubungan dengan cara Dropbox terhubung ke internet dengan pengamanan SSL (Secure Socket Layer). Dengan SSL ini maka koneksi anda akan dienkripsi supaya tidak bisa disadap oleh pihak yang tidak berkepentingan, karena itu jenis koneksi ini lebih sensitif terhadap perubahan yang tidak semestinya terjadi. Sekarang coba anda lihat beberapa metode berikut untuk memperbaikinya.

Cek waktu sistem komputer anda.

Masalah yang biasa mengakibatkan koneksi secure gagal adalah waktu yang berbeda di komputer anda dengan waktu yang berjalan sekarang, coba cek jam, tanggal dan tahun yang tertera di komputer anda. Bila waktu yang tampil tidaklah sesuai dengan waktu sebenarnya maka ini mudah diperbaiki dengan mengembalikan ke waktu yang benar.
dropbox-cant-establish-secure-connection-taskbar

Salah satu ciri kalau ada masalah dengan waktu komputer anda adalah dengan browsing ke situs yang menggunakan HTTPS sebagai koneksi ke servernya, contohnya Facebook. Bila bermasalah hasilnya antara tampilan situs berantakan atau muncul pesan peringatan error SSL.
google-chrome-ssl-connection-error

Cek proxy atau firewall komputer.

Lihat pada setting internet anda apakah menggunakan proxy, bila ya coba hapus atau non-aktifkan sementara. Anda juga bisa mengatur penggunaan proxy dengan mengakses “Preferences pada aplikasi Dropbox”
dropbox-preferences
Pilih tab Proxies dan coba ubah pilihannya ke “No Proxy” kemudian klik OK untuk menerapkan perubahan konfigurasi. Bila masih belum berhasil coba gunakan pilihan yang lain.
dropbox-preferences-proxies

Bila anda menggunakan firewall maka settingnya juga perlu anda lihat, pastikan koneksi dengan port 80 dan 443 ke Dropbox tidak diblokir oleh firewall anda. Setting firewall ini bergantung pada software yang anda gunakan, beberapa software antivirus yang dilabeli dengan Internet Security atau semacamnya biasa memiliki firewall terintegrasi. Mungkin ini penyebab masalah anda.

Safe mode, restart atau matikan komputer.

Dan terakhir kalau memang cara – cara diatas belum berhasil, coba masuk ke Safe mode Windows dan lihat apakah bisa terhubung. Ada juga yang cukup merestart komputer untuk memperbaikinya. Pada komputer teman saya bahkan dibiarkan mati seharian, dan entah kenapa masalah ini tidak muncul kembali. Sungguh misteri tampaknya.

2 pemikiran pada “Mengatasi “Can’t establish secure connection” pada Dropbox”

  1. Saya mengalaminya hari ini. Dropbox dan iTunes gak ada yang connect. Mau ambil data dari komputer aja ribet banget. Belum coba saya apa-apakan. Thank’s for this akan saya coba dulu cara nya.

    Balas

Tulis komentar...