Mengatasi Google Chrome tidak otomatis menerjemahkan

Salah satu fitur Google Chrome yang sering saya pakai adalah menerjemahkan tulisan asing ke bahasa Inggris/Indonesia. Tujuannya sih sepele, hobi saya beralih dari ngegame atau nonton ke baca web novel. Kalau menunggu terjemahan fans atau resmi bisa lama sekali, dan walau sedikit kacau hasil mesin translatenya tapi masih bisa ditoleransi.

Terus terang selama ini ga pernah ada masalah berarti, paling kadang ngadat dan ada error gagal menerjemahkan. Ini tinggal restart chromenya selesai. Tapi yang baru saya alami seharian ini di fitur translatenya, dimana halamannya tetap pakai bahasa dan huruf asing (Jepang, Cina, Korea). Jelas ga bisa baca saya.

Ciri-cirinya sih sederhana, tidak ada notifikasi lagi di browser yang biasanya berisi pilihan bahasa sumber dan bahasa tujuannya. Jadi diam saja tidak diapa-apakan.

Untungnya solusinya mudah, satu konsep dengan error satunya kita mulai ulang fiturnya.

<ol>
  • Ketuk menu pada aplikasi Google Chrome. Kemudian pilih Settings/Setelan.
  • <li>Langsung cari baris <strong>Languages/Bahasa</strong>. Atau bisa copas alamat berikut: <code>chrome://settings/languages</code>.</li>
    
    <li>Matikan opsi <strong>Offer to translates pages in other languages/Tanya apakah halaman yang tidak Anda pahami ingin diterjemahkan</strong>.
    

    <li>Tutup aplikasinya, dan nyalakan kembali.</li>
    
    <li>Kembali ke setting sebelumnya, hidupkan lagi opsi menerjemahkan yang sebelumnya dinonaktifkan.</li>
    
    <li>Selesai.</li></ol>
    

    Seharusnya notifikasi translate akan muncul lagi atau langsung teks asing otomatis diproses, jadi kembali normal dan bisa digunakan lagi.

    Tulis komentar...