Mengatasi “The destination folder you selected is invalid” pada PortableApps

Masalah ini baru saja saya alami saat berusaha menginstall Firefox Portable dari PortableApps, pada saat memilih lokasi untuk instalasi aplikasi Firefox Portable tiba – tiba tidak bisa dilanjutkan dan muncul pesan kesalahan. Wah… ada apakah ini? Padahal dulu tidak ada masalah saat instalasi aplikasi portable dari PortableApps.

Jendela error muncul dengan pesan (tergantung versi Windows anda) :

  • “The destination folder you selected is invalid. Please choose a valid folder. [C:\Program Files or subdirectories]”
  • “The destination folder you selected is invalid. Please choose a valid folder. [C:\Program Files (x86)]”

The-destination-folder-you-selected-is-invalid

Arti dari pesan error ini adalah folder tujuan yang anda pilih tidak valid dan meminta anda memilih lokasi folder yang lain.

Selidik punya selidik ternyata PortableApps sudah tidak mendukung instalasi aplikasi portable pada dan didalam Program Files. Penyebabnya karena beberapa aplikasi portable buatannya bisa mengenali bahwa ia dijalankan dalam Program Files dan akan menggunakan mode lokal untuk menyimpan data aplikasi.

mozilla-firefox-portable-edition-invalid-install-location

Mode lokal ini berarti seluruh setting dan konfigurasi akan disimpan pada registry Windows atau folder APPDATA yang diperuntukkan untuk aplikasi non-portable. Hal ini bisa bermasalah karena selain membuat aplikasi dari PortableApps menjadi tidak portable lagi juga bisa menyebabkan konflik dengan software lain yang terinstall di komputer anda. Bukan aplikasi portable lagi kalau settingnya tersimpan di komputer anda bukan?

Solusi resmi yang diberikan untuk mengatasi masalah ini adalah jangan menggunakan Program Files untuk menginstall aplikasi dari PortableApps. Anda bisa menggunakan folder lain asal tidak didalam Program Files, seperti di C:/FirefoxPortable untuk menginstall aplikasi Firefox Portable.

mozilla-firefox-portable-edition-valid-install-location

Cara ini juga membuat Firefox Portable menyimpan konfigurasi didalam folder, jadi anda dapat dengan aman melakukan copy-paste ke Flashdisk anda untuk menjalankan Firefox dengan setting yang sama.

Satu pemikiran pada “Mengatasi “The destination folder you selected is invalid” pada PortableApps”

Tulis komentar...