Mengatasi Floppy Diskette Seek Failure

Saat anda menyalakan komputer tiba – tiba anda disambut oleh pesan “Floppy Diskette Seek Failure” dan proses booting akan terhenti sampai anda memperbaikinya. Masalah ini akan mengganggu anda, dan mungkin terpikir ada hardware yang rusak mendadak.

Pesan error ini secara lengkap adalah “Floppy diskette seek failure, Press F2 to continue, F12 for boot menu.” atau “Diskette Drive 0 seek failure”, Strike F1 to continue, F2 to run setup utility.” dan beberapa variasi lainnya. Arti dari pesan error ini adalah BIOS mencari disket untuk booting ke sistem operasi. Disket? Makanan apa lagi ini? Bagi generasi baru mungkin sudah tidak pernah menemukan leluhur flashdisk ini, dengan ukuran 3,5 inci dan kapasitas 1,44MB. Luar biasa bukan? Drive floppy disk ini sendiri sudah tidak menjadi standar tapi masih didukung oleh BIOS.
floppy-disk
Untuk mengatasi masalah ini anda bisa mencoba salah satu cara berikut.

Metode 1 : Matikan pencarian floppy disk

Akses menu BIOS anda dengan menekan tombol F2 atau Delete tergantung instruksi BIOS anda. Cari pilihan yang berhubungan dengan floppy disk dan ubah ke Disabled. Nama pilihan ini tergantung pabrikan masing – masing motherboard, contohnya “Drive A”, “Drive B”, dan “Bootup Floppy Seek”. Simpan dan keluar dari BIOS.

 

?Metode 2 : Ubah prioritas booting

Cara ini masih menggunakan BIOS, tapi tidak perlu mematikan opsi apapun. Anda hanya perlu mengatur ulang urutan booting BIOS, kalau tidak mau repot hilangkan saja Floppy disk dari prioritas booting. Simpan dan keluar dari BIOS.

Metode lainnya adalah cara umum memperbaiki kerusakan di BIOS, coba cek kabel yang terpasang misal anda memang memiliki drive untuk floppy disk coba anda lepas. Kemudian coba ganti baterai CMOS di motherboard anda, biasanya ini tergantung masa pakai dan usianya kurang lebih 5 tahun maka akan aus baterainya.

Satu pemikiran pada “Mengatasi Floppy Diskette Seek Failure”

Tulis komentar...