Cara mengatasi “Cannot modify design of table ‘TbIndukSpt’. It is in a read-only database.”

Last Updated on Februari 11, 2021

Bulan Januari-Maret adalah masa-masa sibuk untuk melaporkan situasi penghasilan dan usaha ke dirjen pajak. Kalau dulu perlu mengisi formulir kertas, sekarang bisa dilakukan lewat komputer dan tentunya online untuk kirim laporannya.

Sedangkan untuk membuat laporan pajak secara mandiri dan jenis individu bisa mendownload aplikasi e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi. Jenisnya nanti 1770/1770S. Tapi kalau anda menginstallnya di lokasi default, kadang bisa muncul error “Cannot modify design of table ‘TbIndukSpt’. It is in a read-only database.“. Jangan panik, solusinya mudah kok. Ada 2 cara memperbaikinya, satu sementara dan satunya permanen.

Memperbaiki “Cannot modify design of table ‘TbIndukSpt’. It is in a read-only database.” sementara

  1. Klik kanan pada program e-SPT.
  2. <li>Pilih <strong>Run as administrator</strong>.</li>
    
    <li>Sekian.</li></ol>
    

    Ya semudah itu.

    Mengatasi “Cannot modify design of table ‘TbIndukSpt’. It is in a read-only database.” secara permanen

    1. Buka lokasi database e-SPT anda. Kalau belum pernah dimodifikasi maka ada di C:\Program Files (x86)\DJP\e-SPT Tahunan PPh Orang Pribadi\Database.
    2. <li>Kemudian buat duplikat atau pindahkan file <strong>data.accdb</strong> ke drive selain C:\. Bisa di drive D atau USB flashdisk.</li>
      
      <li>Mulai sekarang saat e-SPT membuka koneksi arahkan ke lokasi baru file tadi.</li></ol>
      

      Kenapa masalah ini bisa terjadi? Sederhana saja, karena aplikasinya tidak memiliki hak untuk mengedit file databasenya. Karena itu muncul pesan kesalahan dan jelas operasinya gagal.

      Sekian dan semoga memperlancar acara lapor pajak anda. 🙂

Tinggalkan komentar