Mengatasi Remote Desktop tidak bisa diaktifkan pada Windows Firewall

Kasusnya kali ini di kantor ada yang ingin mengendalikan komputer lain dalam satu jaringan LAN, tentunya dengan sistem operasi Windows. Nah… di Windows sendiri sudah ada fitur bernama Remote Desktop yang secara default akan aktif dan juga Windows Firewall yang fungsinya melindungi akses ke komputer tersebut. Ternyata kombinasi kedua program ini bisa menjadi masalah.

Yang terjadi saat saya berusaha mengaktifkan Remote Desktop di Windows 7 pada komputer tujuan malah muncul pesan bahwa perlu diberi ijin agar bisa tersambung ke network. Lokasinya ada di Start > Klik kanan Computer > Properties > Remote Settings kalau anda belum tahu.

windows-7-remote-settings

Solusinya jelas mudah, tinggal tambahkan saja program Remote Desktop Host ke dalam daftar ijin Windows Firewall. Disinilah letak masalah berikutnya, ternyata tidak muncul dalam daftar aplikasi yang dikenali. Jadi tidak bisa ditambahkan. Cara mengaksesnya lewat Control Panel > System and Security > Windows Firewall > Allow a program or feature through Windows Firewall dan tambahkan Remote Desktop Session Host. Bukan mstsc.exe ya, ini program untuk kliennya. Efeknya? Ternyata saya masih gagal. 🙁

Setelah baca – baca lagi akhirnya saya ketemu satu solusi yang berhasil mengatasi masalahnya. Buat aturan baru lewat Start > Administrative Tools > Windows Firewall untuk memperbolehkan akses melalui port 3389. Selesai, dan Remote Desktop dapat digunakan dengan normal. 😀

Oh ya, kalau anda tidak menggunakan Windows Firewall tapi memakai antivirus/internet security maka silahkan cek setting firewallnya. Kadang kena blokir juga.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...