Mengatasi “Restart your computer to finish installing important updates”

Baru saja saya mengalami masalah yang cukup merepotkan pada Windows 7. Entah kenapa proses Windows Updatenya aktif dan sekarang meminta restart komputer untuk menerapkannya. Masalahnya PC ini digunakan sebagai server dan tidak boleh sampai mati/restart.

Karena pilihan pada jendela aplikasinya cuma menunda waktu secara manual atau kalau dibiarkan akan restart otomatis maka saya sedang mencari celahnya agar bisa dimatikan saja secara permanen.

windows-update-restart-to-install-update

Dan ternyata memang ada solusinya, silahkan anda buka command prompt dengan hak administrator dan kemudian eksekusi perintah net stop wuauserv dan ENTER. Semestinya anda tidak akan diganggu notifikasinya lagi.

Tambahan juga tapi opsional, kalau sudah muncul peringatan tersebut berarti Windows sudah selesai mendownload file – filenya. Ini memakan kapasitas harddisk tentunya, jadi kalau dirasa tidak perlu bisa dihapus dengan mengeksekusi perintah Rd /s /q %SystemRoot%\SoftwareDistribution tapi ingat ini tidak wajib, dan ada resiko masalah dengan sistem operasinya kalau asal saja.

Tulis komentar...