Mengatasi “The restore point could not be created for the following reason: Access is denied. (0x80070005)”

Hari ini seharian saya berusaha memperbaiki laptop dengan Windows 7 yang bermasalah pada System Restore, jadi saat akan dijalankan malah muncul pesan error:
The restore point could not be created for the following reason:
Access is denied. (0x80070005)
Waduh… 🙁

Hal ini juga terjadi pada saat berusaha memulihkan backup/restore point maka pesan kesalahan dengan kode sama akan muncul: Access is denied. (0x80070005).

Aslinya dari keterangannya sudah cukup jelas masalahnya apa, bahwa kita tidak memilik ijin akses untuk melakukan tindakan tersebut, dalam hal ini adalah System Restore.

windows-c-system-volume-information

Dan solusi yang saya temukan untuk kasus ini adalah dengan memperbaiki setting permissions dari folder C:\System Volume Information, pastikan user SYSTEM dan atau Administrator memiliki akses untuk baca juga tulis.

Oh ya, folder System Volume Information ini sifatnya adalah super hidden (operating system protected system files). Jadi anda harus memunculkannya dulu baru kelihatan.

Misal anda kesulitan dengan metode diatas maka ada solusi sementara yaitu menjalankan System Restore dalam Safe Mode.

Semoga bermanfaat. 🙂

2 pemikiran pada “Mengatasi “The restore point could not be created for the following reason: Access is denied. (0x80070005)””

  1. Mksih gan atas ilmunya….. Dari tdi nyari ke blog sana sini gk work gan, ternyata di sini utekno.com manjur gan…. Terimakasih yang sebanyak² nya gan^_^
    #salamsatuaspal

    Balas

Tulis komentar...