Mengatasi rusaknya gambar yang diupload melalui FTP

Pernah mengalami gambar atau foto yang anda upload melalui FTP ke website anda menjadi rusak? Hal ini lebih sering terjadi pada anda yang berprofesi fotografer dikarenakan resolusi gambarnya berukuran beberapa megapixel dan karena kerusakan tersebut bisa langsung terlihat. Anda bisa saja mengulangi proses upload ini berulang kali dan kadang gambarnya akan tampil sempurna, sehingga tidak bisa dipastikan.
ftp-upload-broken-image

Biasanya kerusakan ini terjadi pada file berukuran besar, kalau yang dikirim gambar atau foto mungkin anda bisa memperkecilnya terlebih dahulu. Salah satu jenis kerusakan yang bisa dialami gambar atau foto adalah separuh gambar normal sedangkan separuh sisanya mengalami distorsi warna dan bentuk. Nah.. daripada anda membuang waktu mengulangi proses unggah gambar dan foto yang berukuran besar lebih baik anda mencari solusinya bukan.

Kenapa gambar dan foto yang diupload lewat FTP bisa mengalami kerusakan?
Ini disebabkan protokol FTP (File Transfer Protocol) tidak mempunyai pengujian integritas file, sehingga FTP akan berusaha sebaik mungkin mengirimkan file tersebut. Ini tidak menjamin seluruh data yang ditransfer akan utuh atau mengalami perubahan. Yang bisa anda lakukan adalah melakukan cek MD5 atau CRC, kalau berbeda lakukan upload ulang.

Apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya?
Selain memperkecil ukuran gambar untuk mengurangi resiko data yang dikirim tidak sempurna, anda bisa menggunakan SFTP (Secure FTP) atau FTP yang diamankan. Pastikan dulu server hosting anda mendukung fitur ini. Setiap file yang diupload akan diuji integritasnya secara otomatis, bila salah akan ditransmisi ulang.

Solusi lain adalah bila server hosting anda mendukung fitur SSH maka anda bisa menggunakan SCP (Secure Copy Protocol), yang juga memiliki skema pengujian integritas file.

Sebagai catatan, error yang terjadi pada transmisi data merupakan hal yang normal. Hal ini yang menyebabkan protokol yang bertanggung jawab dalam transfer data biasanya memiliki error handling (penanganan kesalahan), yang sayangnya FTP tidak memilikinya – ini mirip dengan UDP, protokol semacam ini akan berusaha sebaiknya tanpa jaminan apapun.

Tulis komentar...