Mengatasi Spam di WordPress

Mudahnya membuat blog dengan WordPress juga membawa masalah lainnya yaitu spam yang dimasukkan dalam komentar artikel. Mulai dari yang menggunakan keyword (kata kunci) untuk nama atau menyisipkan link ke situs tertentu di dalam komentarnya, sedangkan yang dibicarakan sendiri bukanlah hal yang berhubungan dengan tulisan di artikel.

Spam – spam yang masuk ini ditambahkan oleh bot secara otomatis sehingga jumlahnya kadang bisa mencapai ribuan, bisa keriting jari kita kalau harus mengecek dan menghapus satu per satu komentar yang dicurigai adalah spam. Kalau anda sedang mengalami masalah serupa maka anda wajib mengikuti satu langkah berikut dan sisanya adalah opsional.

Aktifkan Akismet

Ini adalah langkah yang harus dilakukan setelah menginstall WordPress, 99% spam yang masuk tidak bisa melewatinya dalam pengalaman saya. Akismet adalah layanan anti-spam dari Automattic yang juga membuat WordPress, jadi jelas mereka tahu seluk beluknya. Silahkan anda mendaftarkan diri ke Akismet untuk mendapatkan API Key, gratis kok. 😀 Pluginnya juga secara default diikutkan dalam instalasi WordPress.

akismet

Akismet memiliki kemampuan mendeteksi komentar – komentar yang ditengarai tidak bermutu, tidak berhubungan dan adanya url atau link bisa menjadi ciri – ciri utama. Data ini dikumpulkan dari jutaan situs yang menggunakan WordPress, jadi tidak usah diragukan akurasinya.

Cukup memakai Akismet dijamin anda tidak kesulitan lagi dalam mengatasi spam, jadi tidaklah perlu kita memasang CAPTCHA atau plugin anti-bot dan anti-spam lainnya yang bisa merepotkan pengunjung manusia.

Matikan fitur Trackback dan Pingback

Sebenarnya fungsi Trackback atau Pingback ini baik, jadi kalau ada yang membuat posting dan menyisipkan link artikel anda didalamnya maka akan diberi notifikasi bahwa seseorang telah memberi link ke situs anda. Masalahnya hal ini juga sering disalahgunakan oleh spammer, dan dari pengalaman saya selama ini fitur ini sangat jarang berguna dan aktif digunakan oleh blogger.

wordpress-default-article-settings

Untuk mematikannya silahkan akses administrasi situs WordPress anda, dari dashboard buka Setting > Discussions. Hilangkan centang pada kedua opsi berikut: “Attempt to notify any blogs linked to from the article” dan “Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks)”. Yang pertama ada blog kita berusaha memberi notifikasi link ke blog lain, dan yang kedua adalah blog kita menerima notifikasi link dari blog lain.

Cek setiap komentar yang masuk

Untuk kasus spammer manusia dan terutama yang menggunakan bahasa Indonesia maka kadang bisa melewati filter Akismet, dan untuk mencegah blog anda dibanjiri komentar – komentar tak berkualitas kadang kita perlu mengaktifkan moderasi.
wordpress-before-a-comment-appears

Masih pada halaman setting Discussions, cari bagian Before a comment appears berilah centang pada “Comment must be manually approved” sehingga setiap komentar baru harus kita setujui baru muncul.

Moderasi komentar otomatis

Tujuan si spammer adalah menyisipkan link dan kadang dengan keyword tertentu menuju situs yang diinginkan. Kadang komentarnya tampak memaksa dan tidak nyambung dengan artikelnya. Tapi karena kita sudah tahu apa tujuannya maka kita bisa memerintahkan WordPress untuk menahan komentar yang memiliki link didalamnya, defaultnya adalah 2 dan bisa diubah tentunya.

wordpress-comment-moderation

Lokasinya masih sama di Discussions dan terletak di Comment Moderation. Ubah nilai didalam tulisan “Hold a comment in the queue if it contains 2 or more links. (A common characteristic of comment spam is a large number of hyperlinks.)”

Penutup

Saya selalu secepatnya menghidupkan plugin Akismet untuk melindungi blog dari serangan spam, kemudian langkah – langkah lainnya adalah opsional untuk mencegah spam dari manusia dan dalam bahasa Indonesia yang masih sulit dikenali oleh plugin anti-spam. Tapi kalau anda sudah frustasi maka matikan saja form komentar pada setiap posting dan halaman blog anda.

Semoga membantu. 🙂

Satu pemikiran pada “Mengatasi Spam di WordPress”

  1. oh ternyata yang membuat ada komentar link otomatis itu fitur pingback ya? saya sempat bingung mengatasinya, bermanfaat sekali untuk saya yang baru ngeblog di WP SH

Tulis komentar...