Mengatasi touchpad tidak berfungsi di Ubuntu

Sangat jarang sebenarnya saya mendapatkan pertanyaan mengenai Linux, yah… rajanya memang Windows sih. Nah… kemarin ada yang konsultasi mengenai bagaimana caranya memperbaiki touchpad di laptop ASUS X452CP yang tidak berfungsi di Ubuntu 14.04 LTS. Masalah klasik sebenarnya di laptop merek ASUS, dan solusinya jelas ada karena Linux adalah sistem operasi yang paling bebas dalam konfigurasinya.

Jadi masalahnya apa kok touchpad notebook tidak dikenali atau rusak di Ubuntu? Sederhana aslinya ini dikarenakan kernel Linux tidak mendeteksi hardware touchpadnya atau gagal mengaktifkannya.

Solusinya? Paling mudah dan tidak ada akal – akalan adalah dengan mengupdate versi BIOS laptopnya, ini ada kemungkinan sudah menambahkan kompatibilitas terhadap Linux. Saya ingatkan agar hati – hati dalam proses flashing BIOS karena tetap ada resiko walaupun sangat jarang sekali terjadi masalah.

Cara mengatasi lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengupdate kernel Linux yang digunakan, semakin baru maka akan semakin banyak perangkat yang dikenali dan bisa difungsikan oleh sistem operasinya.

Alternatif terakhir kalau masih gagal juga adalah dengan memanfaatkan mode emulasi mouse tapi kekurangannya jadi tidak ada mode multi-touch:

  1. Silahkan edit file GRUB: sudo nano /etc/default/grub
  2. Cari baris GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash” atau yang mirip seperti itu.
  3. Ubah nilainya menjadi GRUB_CMDLINE_LINUX_DEFAULT=”quiet splash psmouse.proto=bare”.
  4. Akhirnya perbarui konfigurasi GRUB: sudo update-grub
  5. Silahkan restart. Ini solusi sementara lho ya tapi touchpad anda bisa berfungsi normal selama menunggu patch terbarunya.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...