Mengatasi “Berkas terunggah melebihi pedoman upload_max_filesize dalam php.ini” pada WordPress

Salah satu kendala dalam upload file di WordPress adalah munculnya pesan error “WordPress – Galat, Berkas terunggah melebihi pedoman upload_max_filesize dalam php.ini“. Biasanya jarang yang tahu ataupun mengalami masalah ini karena ukuran file yang diupload terhitung kecil. Dan kalau anda upload gambar atau theme (zip) berukuran besar baru ketahuan kalau batas ukurannya ternyata tidak sebesar yang kita kira.

Penyebabnya sederhana, oleh penyedia hosting website anda PHP telah dibatasi akan menerima upload file maksimalnya berapa MB. Jadi solusinya ada beberapa yang bisa dicoba sebelum menyerah dan minta tolong ke supportnya. 🙂

Cara pertama buatlah file dengan nama php.ini pada folder public_html atau www pada web hosting anda, kemudian isikan kode ini:

upload_max_filesize = 64M
post_max_size = 100M

Fungsinya meningkatkan batas ukuran file yang bisa diupload lewat PHP.

Gagal atau tidak ada efeknya? Alternatifnya terpaksa kita upload lewat FTP, apabila lewat metode ini tidak ada batasan ukuran data yang ditransfer, cuma apakah disk space hostingnya cukup tidak. Ya secara manual kita letakkan file – file yang diunggah ke lokasi yang benar, tema ada di /wp-content/themes/ dan kalau gambar cocokkan saja tahun dan bulannya pada /wp-content/uploads/.

Semoga membantu mengatasi masalahnya. 🙂

Tulis komentar...