Mengatasi virus di Android

Di Android paling aman menginstall aplikasi adalah dari Google Play Store, bukannya tempat lain atau instalasi APK pasti berbahaya tapi kita sendiri tidak tahu sumbernya. Nah… ada teman saya yang bermain WHAFF untuk mengais rejeki memanfaatkan handphone OPPO Yoyo R2001 miliknya, awalnya sih tidak ada masalah karena cuma mengcoba – coba aplikasi sudah dapat recehan dollar. 🙂 Tapi selanjutnya kok begitu ada koneksi internet otomatis mendownload dan menginstall aplikasi yang tidak jelas secara otomatis. 🙁

Entah darimana asalnya aplikasi pembajak ini. Lha ini kan selain mengganggu, merusak sistem juga menghabiskan kuota bandwidth. Ya, kasus yang dialami teman saya ini terus terang membuat saya bingung awalnya, karena tidak seperti Windows yang sudah standar. Tergantung pabrikannya kadang nama – nama aplikasi bawaan dan servicesnya membuat saya ragu ini asli bawaan sistem atau tidak.

Semisal anda mengalami hal yang sama saya anjurkan agar menginstall software antivirus untuk Android dulu, saya percaya produk NOD32 kalau di Windows karena itu ya sekalian mencoba kemampuan ESET Mobile Security & Antivirus. Tinggal anda install saja dan lakukan scan, cukup cepat dan langsung terdeteksi 3 malware yang sudah terpasang dalam handphonenya: Firewall Service (Qysly.S Variant), SecurityService (Xinyinhe.AD Variant), dan TimeService (TrojanDownloader.Agent.EP Variant). Tampaknya si pelaku adalah yang nomor 3.

eset-mobile-security-antivirus-unresolved-threats

Tapi anehnya atau hebatnya entah bagaimana ketiga virus diatas bisa menjadi system service, jadi tidak bisa dihapus dengan cara biasa. Sistem keamanan ESET sendiri walaupun berhasil mengenali bahayanya tapi tidak bisa diapa – apakan. 🙁 Jadi saya terpaksa mengakses setelan aplikasinya dan mematikannya secara manual.

android-info-aplikasi-virus-nonaktifkan

Berhentikan paksa, matikan notifikasi, nonaktifkan dan bersihkan data. Begitu alurnya yang saya lakukan untuk mengatasi masalah ini. Terapkan pada semua ancaman yang berhasil terdeteksi. Manual memang tapi mau bagaimana lagi kalau tidak ada akses root. Dan setelah itu selesai sudah kasusnya, tidak muncul lagi proses unduhan aplikasi otomatis saat ada koneksi internet terjadi.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Oh ya, walaupun disini saya menggunakan ESET Mobile Security & Antivirus anda tidak harus sama kok, bisa memakai software keamanan Android lainnya. Ini kebetulan saja dapat yang langsung ampuh.

4 pemikiran pada “Mengatasi virus di Android”

    • Pakai ESET NOD diatas gagal mas? Minimal kita tahu mana saja aplikasi yang ternyata virus atau malware. Aslinya di hp teman saya akhirnya dibiarkan saja tapi dalam keadaan nonaktif. Terpikir untuk ngeroot agar bisa menghapusnya permanen.

    • Maksudnya semua aplikasi mas? Selama ini saya pakai ESET di Android masih ampuh mengatasi virus yang terlanjur terpasang, tapi repotnya yang sudah tertanam jadi aplikasi sistem seperti pengalaman saya diatas.

Tulis komentar...