Mengatur brightness Android

Diantara hal – hal awal yang pasti saya lakukan saat menggunakan handphone baru adalah mengatur setting brightness (kecerahan) tampilan layarnya. Biasanya setting defaultnya terlalu terang sehingga selain di mata rasanya tidak nyaman juga ikut menghabiskan baterai. Banyak kekurangan daripada kelebihannya bukan?

Pada ponsel Android walau banyak versinya dan dengan merek berbeda tapi untungnya sudah distandarkan caranya. Kalau pada notification bar diatas layar saat anda tarik kebawah tidak ada opsi cepat untuk mengganti kecerahan layar maka mau tidak mau menggunakan langkah panjangnya. Disini saya menggunakan Lenovo A369i dengan Android 4.2.2 Jelly Bean, misal milik anda berbeda versinya silahkan diadaptasikan.

Langsung saja anda buka Pengaturan (Settings) dan anda akan mendapati bagian Perangkat (Device), segera saja tap pada opsi Tampilan (Display).
android-pengaturan-perangkat

Didalam bagian setting tampilan Android anda akan menemukan salah satunya Kecerahan (Brightness), tap saja dan akan muncul slider yang bisa digeser kekiri semakin gelap dan kekanan semakin cerah. Tap OK untuk menerapkan tingkat brightness layar yang cocok dengan gadget Android anda. Mudah bukan?
android-pengaturan-tampilan-kecerahan
Saya anjurkan untuk penggunaan sehari – hari 30% sudahlah cukup, bahkan kalau pencahayaan dalam ruangan kantor atau rumah cukup terang bisa dibuat 0%, masih bisa dilihat kok apa yang tampilkan dalam display handphonenya. 🙂

6 pemikiran pada “Mengatur brightness Android”

  1. Saya minta tolong…knapa hp saya pengatur kecerahan tidak berfungsi jadi kecerahan di geser ke kiri atau ke kanan sama saja…. Hal ini membuat kecerahan hp saya sangat tidak terang…mohon bantuannya …saya harus bagai mana..trimakasih

    Balas

Tulis komentar...