Mengatur kecepatan video di YouTube

Kemampuan mempercepat atau memperlambat kecepatan video di YouTube akan sangat bermanfaat pada keadaan tertentu. Seperti mempersingkat waktu menonton tanpa kelewatan adegan penting atau memperhatikan secara seksama setiap detail adegan seru di video.

Misal anda ingin menonton suatu video sampai tamat tapi dalam waktu yang lebih singkat, cukup anda percepat 1.5x dari kecepatan normal video maka anda bisa menikmati seluruh adegan di video dan audio yang didengar masih bisa diikuti dengan jelas. Daripada anda memilih atau melewati adegan tertentu dengan meloncat – loncat di seek bar video, selain anda akan menonton secara tidak utuh pasti ada beberapa bagian cerita yang tidak anda ketahui. Hal ini berguna juga bila anda sedang mengikuti video seminar atau pelajaran yang lama durasinya, anda bisa mempercepat video tanpa khawatir kelewatan isinya.

Nah kalau memperlambat apa gunanya? Bayangkan saja anda sedang menonton video yang ada adegan serunya, mungkin anda ingin menikmati setiap saat adegan itu berlangsung dengan slow motion. Bisa juga anda ingin melihat detail dari suatu video sampai per frame, entah ada kejanggalan atau memang anda terkesima dengan detail video tersebut.

YouTube sesungguhnya sudah mendukung kemampuan untuk mengatur kecepatan memainkan video, tapi secara default tidak akan anda temui. Bagaimana cara mengaktifkan pengaturan kecepatan video ini? Pertama anda harus sudah bergabung di YouTube HTML5 Beta, klik pada “Join YouTube HTML5 Trial” untuk mengikuti program beta YouTube ini.

youtube-html5-trial-join

Setelah anda mendapati layar konfirmasi keikutsertaan anda pada YouTube HTML5 Trial ini, silahkan coba buka video apapun di YouTube. Anda tidak akan mendapati perbedaan di tampilan video player YouTube. Untuk mengakses pengaturan kecepatan video YouTube, klik pada tombol setting di toolbar video YouTube.

youtube-video-speed-setting

Anda akan mendapati pilihan resolusi dan kualitas video seperti biasanya dan ada pilihan baru di sebelah kanannya yaitu speed atau kecepatan. Pilihan baru ini berfungsi mengubah kecepatan video di YouTube, untuk mempercepat video anda bisa memilih 2.0x atau 1.5x, untuk melambatkan video pilih 0.5x atau 0.25x, dan jika anda ingin mengembalikan kecepatan video ke semula pilih Normal.

2 pemikiran pada “Mengatur kecepatan video di YouTube”

Tulis komentar...