Mengembalikan data yang terhapus di Microsoft SkyDrive

Sebelumnya SkyDrive hanya akan mencatat dan menyimpan perubahan file dengan tipe dokumen. Jika anda telah menghapus sebuah file baik secara sengaja atau tidak sengaja, jika tipe filenya bukan dokumen maka anda tidak akan bisa mengembalikannya.

Microsoft SkyDrive sebagai layanan hosting dan sinkronisasi file dari Microsoft sebelumnya dipandang sebelah mata. Tampaknya Microsoft sekarang berusaha mengejar ketertinggalannya dari pesaing utamanya sepeti Dropbox dan Google Drive dengan menambahkan fitur – fitur dan memanjakan pernggunanya.

Jadi bagaimana caranya jika anda ingin menyelamatkan data atau file anda yang terhapus? Microsoft mendengarkan keluhan penggunanya dan berita bagusnya, Microsoft telah merubah mekanisme penghapusan file di SkyDrive. Semua file yang terhapus akan dipindah lokasinya ke Recycle Bin, di tempat ini anda bisa mengembalikan file anda yang terhapus ke semula. Tapi bila anda ingin memastikan file anda benar – benar dihapus and harus ke Recycle Bin dan menghapusnya secara permanen.

Anda bisa menghapus file pada SkyDrive dengan memberi centang pada kotak kecil di pojok kanan atas file yang anda ingin hapus, kemudian apda menu diatas pilih Manage > Delete.

Microsoft SkyDrive Manage Delete

Sebuah pesan akan ditampilkan pada layar yang menginformasikan tentang aksi yang akan dilakukan dan memberi pilihan untuk membatalkannya.
Microsoft SkyDrive action notification

Semua file yang anda hapus dengan cara ini akan dipindahkan pada Recycle Bin, dimana pada lokasi ini anda bisa mengembalikan atau menghapus file secara permanen. Untuk mengembalikan atau membatalkan penghapusan file anda perlu memilih file yang anda inginkan dan klik pada link Restore diatasnya untuk mengembalikan file ke lokasi asalnya. Gunakan Delete untuk menghapus file secara permanen dari SkyDrive.
Microsoft SkyDrive Recycle Bin Restore Delete

SkyDrive akan menyimpan file dalam Recycle Bin setidaknya selama tiga hari, biasanya lebih lama dari waktu itu. SkyDrive akan menghapus permanen file yang terdapat pada Recycle Bin selama lebih dari 30 hari. Layanan ini akan secara otomatis menghapus file lebih awal bila kapasitas file yang dibutuhkan lebih dari 10% dari kapasitas total SkyDrive anda. Tapi file yang terdapat pada Recycle Bin tidak akan dihitung penggunaannya terhadap kapasitas SkyDrive anda.

Tulis komentar...