Mengembalikan icon volume yang hilang di Windows

Saya menemukan kasus unik di komputer saya pagi hari ini. Entah kenapa icon speaker atau volume di bagian notification area (yang di pojok kanan bawah sebelah jam) taskbar tidak muncul atau hilang padahal saya merasa tidak melakukan perubahan setting apapun. Ini terjadi di Windows 7. Hal ini tidak merusak apapun sih, cuma agak terganggu saja kalau ingin mengubah volume suara harus lebih repot caranya karena tidak bisa langsung diatur dari icon yang biasanya ada.

Karena sudah saya cek sound card, drivernya dan suara yang keluar adalah normal maka saya yakin tidak ada masalah berarti. Selanjutnya saya mengecek di wilayah notifikasi dengan mengklik tombol segitiga dan akan muncul menu Customize, klik saja.
windows-7-notification-area-customize

Akan muncul jendela Notification Area Icons, cari saja Volume dan ternyata memang benar opsinya yang aktif adalah “Hide icon and notifications” fungsinya untuk menyembunyikan iconnya juga pesan notifikasi, pantas saja tiba – tiba lenyap. Selajutnya ubah opsinya menjadi “Show icon and notifications”, kemudian klik OK. Semestinya icon speaker/volume ini akan normal kembali siaga di taskbar Windows.
windows-7-notification-area-icons

Sedangkan opsi “Only show notifications” berguna untuk memunculkan pesan pemberitahuan dari status aplikasi tanpa menampilkan iconnya, jadi kalau ada keperluan saja akan muncul.

Semoga membantu. 🙂

10 pemikiran pada “Mengembalikan icon volume yang hilang di Windows”

    • Halo Adi, ga bisanya seperti apa mas? Maksud saya apakah ada pesan errornya? Ini di Windows apa? Sudah install driver audionya kan? Dan misal ini laptop bisa disertakan merek dan tipenya.

Tulis komentar...