Mengembalikan kondisi Google Chrome ke keadaan semula

Mungkin anda sudah merasa frustasi terhadap kondisi Google Chrome di komputer anda, entah karena terjangkit virus dan malware, muncul halaman baru tanpa diminta, halaman web tiba – tiba dialihkan, konflik extension, toolbar pengganggu, dan masih banyak lagi. Lebih baik anda memulai kembali dari awal bukan?

Baru – baru ini Google Chrome telah menambahkan fungsi reset ke setting awal, sehingga kondisi Google Chrome akan dapat dikembalikan seperti pada saat instalasi baru. Jadi fungsinya sama dengan “Restore factory settings” atau “Restore default settings” yang biasa berada di handphone kita.

Untuk menggunakan fungsi Reset ini, akses settings Google Chrome dengan menekan icon menu di pojok kanan atas dan pilih Settings.

google-chrome-menu

Atau anda bisa mengetikkan chrome://settings/ pada kotak alamat dan tekan Enter untuk membuka halaman Settings Google Chrome. Geser halaman Settings ke paling bawah dan klik “Show advanced settings…”.

google-chrome-settings

Geser kembali halaman ini ke paling bawah, maka anda akan melihat tombol Reset.

google-chrome-reset-browser-settings

Cukup tekan tombol tersebut untuk mengembalikan kondisi Google Chrome ke keadaan semula. Anda akan mendapatkan pesan peringatan setelah menekannya, klik Reset untuk melanjutkan prosesnya bila sudah yakin.

google-chrome-reset-profile-settings

Ada cara lain untuk langsung mengakses fungsi reset setting browser ini, ketikkan chrome://settings/resetProfileSettings pada kotak alamat dan tekan Enter.

google-chrome-reset-profile-settings-path

Dengan mengembalikan Google Chrome seperti baru lagi, maka tentu saja ada beberapa komponen yang dihilangkan atau dihapus. Homepage, search engine, halaman tab baru anda akan direset. Mematikan seluruh extension dan menonaktifkan semua tab yang telah dipin. Cookies website, cache konten dan data situs akan dibersihkan juga. Jadi anda harap berhati – hati dalam menggunakan fitus Reset ini sebelum menyesali adanya data yang hilang.

45 pemikiran pada “Mengembalikan kondisi Google Chrome ke keadaan semula”

    • Halo Syakis, terakhir saya mencobanya ternyata riwayat browsing dan password yang tersimpan tidak hilang terhapus. Tapi tidak ada jaminan akan selalu aman, sebaiknya anda backup terlebih dahulu data penting yang ada dalam Google Chrome baru kemudian dikembalikan ke semula.

    • Halo Ayu, bingung dimananya mbak? Coba buka alamat berikut pada Chrome anda: chrome://settings/resetProfileSettings

      Nanti akan langsung muncul jendela konfirmasi reset setting Google Chrome.

  1. Mas, Ini saya coba buat nge reset Chromenya gak bisa nih, ini banyak sekali mesin pencari yang nggak bisa hilang tiap kali direset atau saya hapus. . . apalagi step yang mas jelsin di atas, tlng saya dong Mas, butuh solusi banget

    Balas
    • Selamat malam Rahadian, berarti ada software yang aktif dan terus membajak setting Google Chrome mas. Saya sarankan anda menjalankan Malwarebytes Anti-Malware untuk mengecek program – program tidak berguna dan mengganggu tersebut, sekalian dibersihkan.

    • Semuanya bersih tanpa sisa, tapi bisa dipilih bagian mana saja yang tidak disentuh. Saya biasanya memilih bookmark dan password. Kalau ada yang penting dibackup saja dulu.

    • Halo Cynthia, saya anjurkan untuk backup dulu bookmark yang tersimpan di Chrome baru anda reset, daripada hilang semua daftar situs favorit anda. Iya mbak, semestinya akan kembali keawal tapi semua perubahan setting yang telah anda lakukan jelas ikut hilang.

      Cara alternatifnya:
      Akses profil Google Chrome di komputer anda:
      Windows XP: %USERPROFILE%\Local Settings\Application Data\Google\Chrome\User Data\
      Windows Vista/ Windows 7/ Windows 8: %LOCALAPPDATA%\Google\Chrome\User Data\

      Kemudian rename folder default menjadi backupdefault misalnya, dan setelahnya jalankan Chrome maka akan dibuatkan profil baru dan semestinya icon bookmark (bintang / star) akan muncul kembali di address bar / omnibox.

  2. Kotak google search yang biasa ada di homescreen tidak sengaja karena saya salah pencet,jadi terhapus.
    Itu karena saya habis mendownload 360 cleaner boost.
    Bagaimana cara memunculkannya kembali???
    Tolong tidak memakai sistim root

    Balas
    • Selamat pagi Imela, handphone anda apa ya mbak? Tapi yang anda tanyakan itu aslinya masalah widget, coba dicari dalam pengaturan Android anda. Contohnya di ASUS Zenfone 5 saya pada menu utama akan ada 2 tab: Apps atau Widgets, saya pilih yang kedua dan nanti akan muncul daftar widget yang bisa dipasangkan di Homescreen. Tidak perlu root kok mbak kalau ini, cuma masalah kustomisasi tampilan saja.

  3. pagi Min … uda sy reset tp gk bisa masih tetap aja muncul yahoo jd tampilan google tidak muncul , tolong MIN arahan nya supaya google sy kembali tampil lagi ke semula ok tks.

    Balas
    • Halo Xansa, biasanya kalau masih bandel juga berarti ada software terinstall di komputer yang selalu mengubahnya mas. Coba anda hapus program – program yang tidak anda tahu dari Windows, kalau ragu search aja namanya di Google.

      Atau bisa juga membajak shortcutnya, coba klik kanan di icon Chrome dan pilih Properties. Apakah isi bari Target/Location bukan lokasi program Chrome saja?

    • Halo Wiko, ini Google Chrome untuk Windows kan? Bukan untuk Android? Coba buka link ini mas: chrome://settings/resetProfileSettings

    • Halo Irfan, mohon maaf mas saya bingung maksudnya. Ini pakai Chrome di Mac maksudnya? Terus takut cookiesnya hilang? Coba dibackup mas, ada kok ekstensinya seingat saya.

  4. gan gimana yah?
    sudah saya coba cara itu tapi tetep aja masih muncul home page nya iklan, bukan google?
    Tolong sarannya gan!
    Trima Kasih

    Balas
  5. Selamat malam, mas. Extension saya pada saat diklik yang muncul chrome apps, dan di pojok kanan atas samping icon tempat setting terdapat semacam persegi tapi hanya muncul pada saat kursor diarahkan ke tempat itu, tulisannya a soft murmur. bagaimana cara menghilangkannya?

    Balas
    • Direset pakai cara diatas gagal mas?

      Berarti ada program yang terinstall di Windows yang aktif menambahkannya kalau hilang. Ini harus dicek pakai anti malware.

  6. Selamat siang mas, tadi saya buka google chrome dan saya ninton drama di indoxxi, stelah beberpa menit byk skali iklan2 bermunculan (spt youtube dll) dan tiba tiba komputer stuck (kursor tdk bergerak, saya coba esc ga bisa, cb ctrlalt del ga bisa, pencet windowd ga bisa, saya cb restart dgn mencet tombol start di PC jg ga bisa) komputer saya masi tetap menyala dan stuck ga bergerak sama skali. Bagaimana cara kluar dan kembali ke desktop ya? Dan bagaimana cara mematika komputer saya? Minta saran ya mas. Makasi

    Balas
    • Wah ini harus hard shutdown mbak. Langsung tekan dan tahan tombol Powernya.

      Ngehang kena iklannya yang banyak itu.

    • Mohon maaf mas. Agak bingung saya. Jadi keluar 2 aplikasi Chrome gitu? Saran saya sih, uninstall aplikasinya, scan antivirus, baru pasang lagi versi terbarunya.

  7. saya tidak sengaja mereset browser, dan ternyata web whatsappnya harus scan barcode lagi..apa ada cara lain untuk mengembalikan settingan semua agar web whatsappnya bisa jalan kembali tanpa harus scan barcode>

    Balas

Tulis komentar...