Mengembalikan kondisi Internet Explorer ke semula

Walaupun banyak browser yang lebih baik seperti Mozilla Firefox dan Google Chrome, masih banyak diantara kita yang masih menggunakan Internet Explorer. Kualitas IE ini sendiri bisa dikatakan sedang mengejar pesaingnya. Karena browser ini merupakan bawaan default setiap edisi Windows maka sering menjadi sasaran virus, malware, toolbar dan program – program berbahaya lainnya.

Sering kali kita temui di Internet Explorer toolbar – toolbar penganggu, mesin pencari yang dibajak, halaman baru otomatis terbuka dan mengakses situs lainnya dan muncul iklan – iklan begitu saja. Ini merupakan pertanda bahwa Internet Explorer telah terinfeksi malware. Anda bisa menggunakan beberapa software pembersih malware AdWCleaner, Junkware Removal Tool atau Malwarebytes Anti-Malware. Tapi kalau menurut anda sudah tidak bisa diselamatkan lagi maka saya sarankan untuk me-reset keadaan Internet Explorer ke default seperti awal menginstall Windows.

Untuk mengembalikan setting Internet Explorer menjadi default bisa melalui Internet Options yang terletak di Control Panel atau bisa juga diakses melalui Tools (Alt+X) di Internet Explorer.
ie9-tools

Pada Internet Options pindahkan tab ke Advanced. Pada bagian Reset Internet Explorer settings klik tombol Reset.
ie9-internet-options-advanced

Akan muncul peringatan bahwa dengan me-reset semua setting Internet Explorer akan menghapus toolbar, default web browser, keamanan, privasi dan sebagainya. Beri centang juga pada Delete personal settings bila anda ingin menghapus setting tab, search providers, password, history, cookie dan semacamnya. Tekan tombol Reset kalau anda sudah yakin.

ie9-reset-internet-explorer-settings

Tunggu sesaat dan jendela informasi bahwa setting Internet Explorer berhasil dikembalikan ke semula akan muncul.

ie9-reset-internet-explorer-settings-completed

Sekarang kondisi browser ini akan tampak baru lagi, untuk mencegah rusaknya kembali setting Internet Explorer saya menyarankan jangan asal install software. Biasakan mencari reviewnya terlebih dahulu sebelum mencoba.

Tulis komentar...