Mengenal Google Web Light

Yang biasanya browsing menggunakan hp mungkin agak heran melihat tampilan situs yang dikunjungi dari hasil pencarian Google. Selain sangat cepat tapi semuanya polos. Dari sisi pengunjung ya tidak ada efek negatifnya untuk membaca artikel, kecuali apabila ingin mengomentari isinya.

Nah… fitur yang sedang anda gunakan aslinya adalah layanan dari Google bernama Google Web Light. Jadi apa itu Google Web Light? Untuk menjamin akses ke konten yang cepat walaupun koneksi internat tidak stabil atau lambat maka oleh Google halaman website yang akan dibuka akan dikonversikan ke versi ringannya. Sederhana tapi ampuh.

google-web-light

Tulisan dan gambar akan tetap dapat dibuka dengan normal, tapi elemen – elemen lain didalamnya tidak akan ikut dimuat. Jadi memang difokuskan untuk konten agar cepat dimuat oleh handphone. Dan ini semuanya berlangsung otomatis juga berlaku untuk semua browser, tidak hanya Google Chrome saja.

Saya tambahkan video yang memperlihatkan perbandingan kecepatannya.

Bagaimana kalau kita ingin memakai Google Web Light secara manual? Memang tidak ada situs resminya tapi ada solusi manualnya. Silahkan anda ketikkan/copy-paste URL berikut: http://googleweblight.com/?lite_url=http://alamat_website.com dimana anda harus menggantikan alamat_website.com sesuai dengan tujuan browsing anda.

Saya sarankan anda tidak membukanya di PC karena terlalu besar tampilannya, memang cocok untuk format layar kecil seperti handphone atau tablet. Lebih optimal lagi kalau dipakai mengakses situs yang terlalu berat atau banyak iklannya.

Tulis komentar...