Mengenal jam dan hari kerja JNE

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan pilihan utama jasa ekspedisi yang tersedia dalam pengiriman barang setiap kali belanja online. Ini dikarenakan kualitas pelayanannya yang cukup bagus dengan harga yang tidaklah mahal sehingga memiliki nama besar seperti sekarang. Tapi tampaknya bagi si penerima barang walau bisa dengan mudah melacak status paketnya lewat cek nomor resi tetap saja belum bisa memperkirakan kapan datangnya barang, biasanya karena belum tahu jam dan hari kerja JNE. Nah… akan saya luruskan berdasarkan informasi yang saya tahu dari menggunakan jasa JNE selama ini, semoga akurat dan bisa anda koreksi kalau ada kesalahan. Sama – sama membantu jadinya. 🙂

Kita mulai dari jam buka kantor atau agen JNE, perhatikan bahwa kios JNE yang anda temui di jalan itu bisa berbeda jenisnya. Kalau tingkatnya adalah cabang atau perwakilan jelas memiliki jam dan hari kerja yang berbeda dengan tipe dibawahnya seperti agen, sub-agen, gerai dan sebagainya.

ruko-agen-jne-dieng-malang

Hari dan jam operasional kantor cabang dan perwakilan JNE:

  • Hari: Senin sampai Minggu.
  • Jam: 08.00 – 19.30 untuk Senin – Jumat, 08.00 – 15.00 untuk hari Sabtu, dan 08.00 – 14.00 untuk hari Minggu.

Hari dan jam operasional unit JNE (agen dan lainnya):

  • Hari: Senin sampai Jumat.
  • Jam: 08.00 – 17.00 untuk Senin – Jumat.

Komentar: Walau anda bisa mengirimkan barang hari Sabtu atau Minggu tapi prosesnya tetap saja baru dilakukan mulai dari Senin biasanya.

Selanjutnya adalah data yang tidak kalah pentingnya dan biasanya yang dikhawatirkan penerima yaitu jadwal pengantaran barang ke penerima.

Jadwal pengiriman jenis standar seperti REG (Regular) dan OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) ke penerima:

  • Hari: Senin sampai Sabtu.
  • Jam: 08.30 – 17.00 untuk Senin – Jumat dan 08.30 – 13.00 untuk Sabtu.

Jadwal pengiriman jenis cepat seperti YES (Yakin Esok Sampai) ke alamat yang dituju:

  • Hari: Senin sampai Minggu.
  • Jam: 08.00 – 24.00.

Komentar: Ya, memang bisa malam sekali. Saya pernah menerima paket YES jam 10 malam.

Terakhir adalah kalau hari raya atau libur nasional maka tidak ada kegiatan operasional. Koreksi 24 Desember 2015: Ternyata walaupun hari libur nasional tetap ada pengantaran ke penerima tapi hanya jenis YES dan SPS, kecuali kiriman YESnya sedikit baru yang REG dibawa juga. Sedangkan jumlah kurir juga berkurang sewaktu hari libur, adanya cuma 1 per wilayah.

Saran saya kalau itu barang penting atau anda terburu – buru sebaiknya kontak ke agen JNE terdekat menanyakan lokasi paket anda dimana dan diambil sendiri saja.

Kalau kasusnya paket baru dikirimkan hari Jumat atau Sabtu untuk pengiriman jenis REG maka bisa dengan aman diasumsikan paling cepat diterima hari Senin, kecuali anda menggunakan YES maka hari Minggu pun tetap diantarkan. Berdasarkan pengalaman layanan YES yang seharusnya diterima hari Minggu 2 dari 7 tertunda ke hari Senin besoknya, entah karena faktor kurirnya atau agennya. Tapi selama kecepatannya masuk akal dan barangnya tidak rusak saya sih nerima saja.

Semoga bermanfaat. 🙂

Comments (6.011)

  1. mia nurhamidah Juli 22, 2017
    • hannakg11 Juli 23, 2017
    • Chandra Juli 26, 2017
  2. Ayu sitorus Juli 25, 2017

Leave a Reply