Mengenal jenis layanan JNE

Walaupun JNE merupakan jasa ekspedisi terpopuler di Indonesia tapi tampaknya banyak orang yang belum mengetahui jenis layanannya. Yang kita tahu cuma mengirimkan barang lewat JNE, padahal ada perbedaan tipe – tipe pengirimannya. Apa perbedaan OKE, REG, atau YES? Yang pasti tidak hanya dari segi tarifnya.

Intinya beda dari masing – masing jenis layanan adalah kecepatan pengiriman dan tentu saja biayanya, dan juga tidak terbatas pada ketiga jenis layanan yang disebutkan diatas.

  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) – Adalah pengiriman termurah dan memiliki prioritas rendah. Kalau anda tidak butuh barangnya datang cepat atau ingin menghemat silahkan pakai ini. Walaupun bisa dianggap terlama tapi kalau kotanya sebelahan (misal Surabaya-Malang) bisa kok diterima dalam 3 hari, walau jarang terjadi.
  • REG (Reguler) – Ini adalah jenis pengiriman yang biasa. Umumnya untuk asal dan kota dalam satu pulau membutuhkan waktu 2-4 hari.
  • YES (Yakin Esok Sampai) – Untuk pelanggan biasa maka ini adalah yang termahal dan tercepat, janjinya dalam 1 hari sampai. Jadi kirim hari ini (pagi atau siang ya) maka besok sudah diantarkan. Tidak tersedia pada beberapa rute pengiriman.
  • SPS / SS (Super Speed) – Sedangkan ini adalah yang paling mahal, bisa mencapai 10 kali lipat ongkir dari REG. Nanti diantarkan? dalam hari yang sama atau besoknya. Cocok untuk barang yang benar – benar urgent.
  • CTC (City to City) – Jenis pengiriman dalam kota, sama dengan REG cuma beda tidak keluar kota saja. Kadang kodenya CTCYES dan ini berarti menggunakan YES untuk dalam kota yang sama.
  • TRC (Truck) – Jarang digunakan tapi ini bagi anda yang mengirimkan barang berukuran besar atau berat. Kalau menggunakan jenis – jenis sebelumnya bisa mahal sekali. Maka JNE Trucking ini lebih murah.

Mana jenis pengiriman terbaik? Tentunya tergantung anda butuh cepat tidak dan bersedia membayar lebih atau tidak. Tapi saya sarankan minimal adalah REG karena selisihnya sedikit dengan OKE tapi lama pengirimannya bisa terasa lebih lama sekali. Sedangkan apabila barangnya jenis elektronik atau berharga mahal saya sarankan gunakan YES, ini supaya cepat diterima. Jangan lupa asuransi kalau nilai barangnya diatas 10 kali ongkos kirim, supaya bisa klaim ganti rugi juga secara penuh.

Yang pasti setelah anda mendapatkan nomor resi bisa dilacak disini: http://jne.co.id/en/home dan apabila anda belum paham kode – kode yang digunakan bisa membaca arti kode status JNE.

Semoga bermanfaat. 🙂

22 pemikiran pada “Mengenal jenis layanan JNE”

    • Halo mas, akan diantarkan sampai rumah kecuali:
      1. Jauh dari agen JNE terdekat, atau istilahnya diluar batas antar.
      2. Masuk ke gang. setahu saya alasannya keamanan karena sepeda motornya tidak bisa ditinggal di depan gang. Resiko barang – barangnya diambil orang tidak bertanggung jawab.

    • oke makasih, tadi saya lihat di tokopedia no resinya tidak valid dari tanggal 2 mei sampai sekarang dikirim kirim. ada solusi gak ya mas? saya dah komplain tapi malah gak terjawab. trima kasih mas.

  1. Gan, tolong dicek posisi yang benar dari kiriman ini. Gw tanya JNE pusat via email dibilang barang sudah di kota tujuan di Manado. Tp barusan gw telp kantor JNE Manado bilang barang baru aja disampe di bandara Manado. Ini barang udah hampir 1 bulan pengirimannya.

    No Resi: 0110871703329707

    Balas
    • Sudah diterima sendiri barangnya:
      18-01-2018 15:54 SHIPMENT RECEIVED BY JNE COUNTER OFFICER AT [JAKARTA]
      18-01-2018 22:11 RECEIVED AT SORTING CENTER [JAKARTA]
      19-01-2018 00:00 SHIPMENT PICKED UP BY JNE COURIER [JAKARTA]
      19-01-2018 02:54 SHIPMENT FORWARDED TO DESTINATION [JAKARTA, GARUDA (DESP PST)]
      19-01-2018 04:44 RECEIVED AT INBOUND STATION [JAKARTA, GARUDA (DESP PST)]
      19-01-2018 06:18 WITH DELIVERY COURIER [JAKARTA]
      19-01-2018 08:20 WITH DELIVERY COURIER [JAKARTA]
      19-01-2018 13:37 DELIVERED TO [frendy | 19-01-2018 13:37 ]

  2. Mas tolong di cek resi 013110035639120 sdh dimana posisinya,? Saya kirim tgl 4 juni 2020 jam 09.54 sampai skrng tgl 6 juni 2020 belum sampai, padahal ino tujuan hanya ke tangerang…barang lain yang ke jkt sdh sampai dengan wktu pengiriman yg sama…. barangnya urgent dipakai, bs sampai kpn y? Hr ini bs kan?

    Balas

Tulis komentar...