Mengenal Reset this PC pada Windows 10

Kalau anda pernah melihat – lihat setting di Windows 10, tepatnya di Settings > Update and Security > Recovery pasti anda akan menemukan fitur bernama Reset This PC yang fungsinya memulihkan keadaan Windows 10 ke semula. Dan nanti akan muncul dua opsi, Keep my files yang data pribadi anda akan dibiarkan dan Remove everything yang akan mengembalikan keadaan Windows 10 seperti semula. Pertanyaannya kalau pilih Keep my files ini data pribadi apa saja yang akan disimpan?

Pertanyaan sederhana ini sangat menentukan apakah data atau file penting yang kita anggap aman apakah benar tidak disentuh kalau Windows 10 direset. Jangan sampai kita terlanjur percaya ternyata ikut dibersihkan, dan celakanya kita tidak memiliki backupnya. 🙁 Jadi apa sih yang dimaksud Personal files ini?

windows-10-reset-this-pc

Dari yang saya tahu setidaknya:

  • File di folder user profile (C:\Users\Nama_User) tetap ada.
  • Tapi yang berlokasi dalam AppData walaupun sejatinya juga terletak dalam User Profile (C:\Users\Nama_User\AppData) ikut terhapus.
  • Yang berlokasi pada C:\Users dan pada C:\Users\Public juga tidak disimpan.
  • Folder dan file yang anda buat sendiri pada drive C:\ aman dari proses reset.
  • Dan jangan lupa. Folder Program Files, Program Files (x86), ProgramData, dan Windows beserta isinya tentu saja akan dibersihkan dan direset ke keadaan awal seperti baru install Windowsnya.

Kalau file – file anda sifatnya penting tetap saya sarankan melakukan backup sebelum menjalankan proses reset. Ini untuk berjaga – jaga saja apabila ada masalah.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tulis komentar...