Mengetahui dengan akurat kemampuan baterai laptop menggunakan BatteryBar

Apakah anda capek menebak – nebak kapan baterai laptop anda selesai dicharge? Atau ingin mengetahui dengan akurat berapa lama lagi baterai laptop anda akan habis. Pengukur baterai asli Windows memang sering tidak benar dalam memperkirakan kemampuan baterai laptop anda, tapi bukan berarti tidak bisa dibuat lebih baik.

BatteryBar adalah aplikasi yang mampu memberikan informasi mengenai baterai anda lebih baik dibanding fungsi built-in Windows. Aplikasi gratis ini akan mempelajari sejarah penggunaan baterai laptop anda dan memberikan estimasi mengenai hidup dari baterai tersebut berdasarkan statistik tingkat penggunaan yang dikumpulkan. Jadi semakin sering anda menggunakan maka akan semakin akurat informasinya.

Saat kursor mouse anda berada di atas indikator baterai maka akan muncul informasi mengenai baterai notebook tersebut:

batterybar-discharging

  • Percent: Berapa persen sisa kapasitas baterai yang tersimpan.
  • Capacity: Nilai kapasitas baterai dalam satuan mWh (miliWatt Hour).
  • Discharge Rate: Penggunaan baterai perjam dalam satuan mW.
  • Battery: Status baterai dan berapa lama sampai kapasitas baterai habis digunakan.
  • Elapsed Time: Waktu sejak status berubah (sedang dicharge atau tidak).
  • Full Runtime: Berapa lama waktu yang tersedia bila digunakan tanpa terhubung listrik atau hanya menggunakan baterai saja.
  • Battery Wear: Berapa persen kemampuan baterai yang sudah aus. Jadi anda bisa mengetahui harapan hidup dari baterai anda dan mengetahui kapan saatnya membeli baterai baru untuk menggantinya.

Informasi lain akan muncul bila laptop anda sedang dicharge, saya akan menuliskan hanya yang berbeda saja:

batterybar-charging

  • Charge Rate: Daya charge listrik perjam dalam satuan mW (miliWatt).
  • Battery: Status baterai dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk charge sampai penuh.

Fitur – fitur diatas hanya dari versi Basicnya yang gratis, kalau anda menggunakan BatteryBar versi Pro akan mendapatkan fitur – fitur tambahan. Tapi menurut saya pribadi versi gratisnya ini sudah cukup hebat. Tapi tidak ada salahnya anda mencoba dulu versi berbayarnya.

Jadi dengan menggunakan BatteryBar anda bisa mengetahui dengan akurat kapasitas baterai laptop anda, bahkan kita bisa tahu kapan saatnya baterai diganti. Bisa dikatakan aplikasi ini penting bagi anda pengguna laptop atau notebook.

Tulis komentar...