Mengetahui alasan kenapa komputer tidak ada koneksi ke layanan tertentu

Walau komputer kita sudah terhubung ke jaringan atau internet kadang kita mengalami masalah saat ingin menggunakan layanan tertentu melalui protokol yang berbeda. Misalnya saja anda ingin terhubung ke akun FTP web hosting anda atau ingin mengecek kenapa server MySQL di localhost tidak bisa terhubung. Tool seperti ping atau tracert hanya cocok sebagai diagnosa awal, untuk tahap selanjutnya sebaiknya menggunakan bantuan software lain.

Inilah tugas dari Why Can’t I Connect yang fungsinya adalah mencari penyebab kenapa komputer anda tidak bisa konek ke lokasi atau layanan tertentu. Ini baik di jaringan lokal atau online. Cara menggunakannya cukup mudah, silahkan pilih salah satu opsi layanan yang ingin dicek. Disini saya menguji coba koneksi ke FTP ke server web hosting saya.

why-i-cant-connect

Akan muncul alur pengujian koneksinya dan berbagai macam status. Bila ternyata dalam diagnosa dideteksi adanya masalah maka akan muncul apa saja kemungkinan penyebabnya. Dari informasi yang didapatkan ini kita bisa memperkirakan beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi masalahnya.

Software semacam Why Can’t I Connect merupakan alat yang sangat berguna bagi teknisi disaat kita melakukan troubleshooting layanan yang aktif di jaringan atau internet. Dari hasil pengecekannya kita bisa melacak pada tahap mana terjadi masalah.

Semoga membantu. 🙂

Tulis komentar...