Mengetahui ancaman Tsunami di Indonesia

Ancaman bencana Tsunami yang akan menimpa Ternate kemarin membuat saya ingin tahu apakah ada sistem peringatan dini (early warning) tsunami di Indonesia. Kalau pemantauan dan peringatan gempa bumi kita dapat mengandalkan BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) dan ternyata mereka juga memiliki informasi mengenai lain seperti Tsunami yang terjadi di Indonesia.

Jadi anda tinggal mengunjungi halaman Informasi Tsunami Terkini pada BMKG dan akan muncul peta Tsunami terakhir, anda bisa melihat ada titik pusat gempa dan daerah berwarna kuning atau oranye di sekitarnya adalah area perkiraan dampak tsunami.

bmkg-peta-tsunami-terakhir

Tepat dibawahnya akan ada tabel yang berisi detail dari tsunami yang telah terjadi. Anda akan mendapatkan info mengenai kapan waktu terjadinya, lokasinya menggunakan koordinat, tingkat kekuatan tsunami dalam skala richter, kedalaman titik pusat gempa, dan nama wilayah Indonesia tempat terjadinya.
bmkg-tabel-detail-tsunami

Sekarang kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi terbaru dan terakurat dari situs BMKG mengenai bencana alam, dan kali ini khususnya adalah Tsunami. Tampaknya ini juga fitur baru karena isinya baru satu yaitu bahaya Tsunami yang baru saja terjadi ini.

Terimakasih untuk BMKG yang menyediakan informasi ini untuk umum dan dalam format yang mudah dipahami.

Tulis komentar...