Mengetahui Antivirus terbaik dengan AV-Comparatives

Banyak sekali software antivirus yang tersedia baik gratis maupun yang berbayar, tapi adakah cara mudah untuk membandingkan kemampuan mereka satu sama lain dan mencari yang terbaik? Tentu kita akan kesulitan kalau mau menginstall satu persatu, selain menghabiskan waktu lama juga sangat merepotkan. Antivirus terbaik pun kalau sangat memberatkan komputer juga tidak akan berguna dalam penggunaan sehari -hari. Karena itu ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu apa hasil pengujian organisasi yang khusus menguji kemampuan dan performa aplikasi antivirus.

AV Comparatives adalah organisasi pengujian antivirus independen yang rutin melakukan tes terhadap kemampuan software keamanan. Ada beberapa kategori tes antivirus yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu, mulai dari perbulan, 4 bulan, 6 bulan dan 1 tahun untuk menentukan antivirus terbaik secara keseluruhan.

av-comparatives

Berikut adalah jenis tes antivirus yang dilakukan AV-Comparatives:

  • Real-World Protection Tests – Pengujian antivirus di dunia nyata.
  • File Detection Tests – Tes deteksi file.
  • Performance Tests – Pengujian tingkat penggunaan resource komputer.
  • Heuristic / Behaviour Tests – Tes pengenalan virus baru berdasarkan perilakuknya.
  • False Alarm Tests – Pengujian berapa tingkat salah pengenalan virus.
  • Malware Removal Tests – Tes membersihkan malware.
  • Mobile Security Reviews – Review keamanan gadget dan handphone.
  • Mac Security Reviews – Review keamanan sistem operasi Mac.
  • Business Reviews – Review software keamanan untuk bisnis.
  • Anti-Phishing Tests – Pengujian kemampuan membasmi phising (penipuan).
  • Single Product Tests – Tes spesifik satu produk.

Bisa dilihat mereka akan menguji program antivirus secara mendetail dan menyeluruh dalam berbagai macam kategori. Ini yang akan membantu kita menentukan manakah antivirus terbaik untuk kebutuhan kita. Karena setiap software akan memiliki kelebihan dan kekurangan tergantung digunakan untuk apa dan berapa sumber daya yang dibutuhkan untuk mengaktifkan perlindungan antivirus ini.

AV Comparatives juga akan membuat laporan per tahun mengenai software antivirus mana yang terbaik berdasarkan pengujian terus menerus selama satu tahun. Saya akan memperlihatkan laporan antivirus terbaik untuk tahun 2013 dari AV-Comparatives ini.

av-comparatives -summary-report 2013

Menentukan antivirus terbaik berdasarkan laporan AV-Comparatives sangatlah mudah, cukup baca file pdf yang mereka berikan. Dari tahun lalu posisi ini dipegang oleh Kaspersky Lab dan disusul oleh Avast, Avira, BitDefender, BullGuard, ESET, Fortinet dan F-Secure. Selain yang termasuk dalam daftar ini tampaknya tidak disarankan, apalagi ada beberapa antivirus gratis yang termasuk jadi biaya bukanlah halangan.

Kalau anda ingin mengetahui antivirus terbaik yang terbaru lebih baik lihat pada bagian Real-World Performance Tests yang diupdate setiap bulan.

av-comparatives-real-word-protections-test-monthly-chart

Beberapa vendor terkenal seperti ESET, Avast, AVG, ThreatTrack Vipre, F-Secure, Kaspersky Lab, AVIRA, BitDefender, McAfee, Trend Micro, eScan, Fortinet, Sophos, Panda, G DATA, Tencent QQ, Kingsoft, Qihoo 360, AhnLab, BullGuard, EmsiSoft, dan ini masih belum semuanya – anda bisa melihat daftar lengkapnya di halaman vendor AV-Comparatives.

Saya sendiri adalah penggemar setia ESET NOD32 dari jaman versi 2 sampai yang terbaru, tapi saya masih menggunakan versi 6 untuk netbook saya dan benar – benar ringan performanya dan ampuh membersihkan virus. Bukan berarti saya promosi produk ESET, tapi ini berdasarkan pengalaman pribadi saja.

Kalau untuk kategori gratis saya menyarankan menggunakan Panda Cloud Antivirus atau Avast saja, seluruh komputer baru biasanya saya install Panda dan cukup mampu juga kok.

4 pemikiran pada “Mengetahui Antivirus terbaik dengan AV-Comparatives”

  1. ini dia yang saya bingung.. setelah saya pasang avast.. ko tiba2 program2 (yg dulunya pada jalan), sekarang tiba2 pada ngambek gak ada yang mau kebuka (jalan) mas ya?!? ada gerangan apakah?!?!

    any idea? bingung.. πŸ™

    terimakasih jika sudah ada jawabnya lalu mengabari ke tampat saya mas πŸ™‚

    terus juga saya pake baidu.. ehh kinerja kompi jadi parah mas πŸ™

    Balas
    • terus terang saya tidak berani memastikan kenapa ada program yang tidak bisa dijalankan sejak install antivirus(dalam hal ini avast), tapi kemungkinan besar dikarenakan software tersebut dikenal sebagai virus atau program berbahaya lainnya. hal ini biasa disebabkan dalam penggunaan aplikasi bajakan karena ada crack, keygen atau patcher yang kadang disisipi virus. nah… inilah yang mengakibatkan program – program tersebut tidak bisa dibuka kembali.

      salah satu solusi yang terpikirkan dan mungkin paling mudah adalah dengan mematikan antivirus setiap program tersebut dijalankan. tapi ini membuat komputer tidak aman, jadi tidak saya sarankan. cara alternatif lainnya adalah dengan mengganti software antivirus yang juga gratis seperti panda cloud antivirus atau bitdefender free.

      mengenai baidu, saya cuma menyarankan uninstall saja karena menurut pengalaman tidak ada gunanya.

      semoga membantu.

    • pengalaman sy, menggabungkan 2 AV (AVG & Smadav), mulai tahun 2014 sampai skrg (2015) berfungsi dgn baik… paling penting AV kita update slalu.. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    • Halo Arya, haha memang preferensi pribadi sih mas. Saya cuma mengandalkan 2: ESET NOD32 dan MalwareBytes Anti-Malware, tapi yang cuma aktif selalu adalah NOD32 dan MBAM saat diperlukan saja. Tentu saja harus rutin diupdate seperti kata anda.

Tulis komentar...