Cara mengetahui blokir video YouTube dimana saja

YouTube memang menjadi pusat tontonan video di dunia, dari sini kita bisa melihat para penggunanya membuat video mulai dari amatir sampai profesional. Bahkan beberapa stasius televisi juga melakukan live streaming siarannya di channel YouTube. Tapi bukan berarti beberapa jenis video atau acara bisa dilihat di seluruh dunia tanpa adanya batasan.

Yang paling sering ditemukan adalah batasan secara regional atau negara. Pesan kesalahan yang muncul biasanya adalah “The uploader has not made this video available in your country. Sorry about that.”. Ini berarti pihak yang mengupload memang melakukan blokir penonton dari negara tertentu.
youtube-uploader-video-available-country-sorry

Untuk menontonnya mau tidak mau anda harus menggunakan proxy atau VPN, tapi saya yakin anda sudah tahu sendiri caranya. 😉 Yang ingin saya bahas kali ini blokir video tersebut berlaku dimana saja dan negara mana yang diperbolehkan. Kalau anda penasaran akan hal yang sama maka bisa menggunakan situs YouTube Region Restriction Checker. Tinggal isikan saja alamat videonya dan klik Submit Query dan tunggu proses pengecekannya.
youtube-region-restrictions-checker
Nanti akan muncul peta dunia dimana warna merah menunjukkan dimana video tersebut dilarang untuk ditayangkan oleh YouTube. Melihatnya satu per satu tentu susah, tepat dibawahnya ikut ditampilkan daftar nama negara yang masuk whitelist (Allowed countries) dan negara yang dilarang (Disallowed countries).

Yah… kita jadi lebih tahu sekarang. 🙂

Tulis komentar...