Mengetahui DNS Propagation di seluruh dunia dengan What’s My DNS?

Pindah hosting aslinya bukan merupakan proses yang sulit dan proses migrasinya biasa dibantu gratis oleh pihak web hosternya, jadi yang perlu anda lakukan hanya mengarahkan DNS dari domain anda ke server hosting yang baru. Ini yang bisa memakan waktu dari proses migrasi hosting ke tempat yang baru.

Masalahnya proses penyebaran informasi baru DNS domain (DNS Propagation) ini tidak bisa dipastikan dimana dan berapa lama semuanya sudah memperbarui informasi yang dimilikinya. Yang bisa kita lakukan adalah memastikan IP address yang dimasukkan memang sudah benar menuju server hosting yang baru dan memantau tahap propagasi DNS? secara global dengan bantuan What’s My DNS?. Cukup masukkan alamat website anda dan pilih A Record (defaultnya) selanjutnya klik Search, kemudian akan muncul alamat IP yang dikenali dari berbagai lokasi di seluruh dunia.

whats-my-dns

Anda bisa melihat terdapat beberapa IP address yang dikenali untuk domain yang dicek, dan semuanya terdapat centang warna hijau. Kalau anda ingin mengetahui DNS di negara mana saja yang sudah memperbarui informasi alamat IP baru website anda klik tombol setting dan isikan IP address server hosting anda yang baru kemudian klik Search kembali. Tanda silang merah berarti IP address yang masih terdaftar adalah salah, dan tanda centang warna hijau berarti sudah diupdate.

whats-my-dns-a-record-expected-value

Tidak hanya A Record saja yang bisa dicek propagasi DNSnya oleh What’s My DNS?, anda juga bisa mengecek AAAA Record, CNAME Record, MX Record, NS Record, PTR Record, SOA Record dan TXT Record. Jadi apa yang bisa diuji penyebaran record baru pada informasi DNS domain anda cukup lengkap dan? hasilnya dapat dipahami dengan cukup mudah walau bagi pemula dalam web hosting.

whats-my-dns-record-types

Sekarang anda tidak perlu repot – repot menganggu support hosting anda untuk mengetahui kapan website anda bisa diakses kembali karena anda bisa mengawasi progress DNS propagation sendiri di negara – negara di dunia, dan tentunya juga mengetahui apakah informasi yang diisikan sudah tepat belum. Ini bisa dijadikan diagnosa awal dari masalah propagasi record DNS.

3 pemikiran pada “Mengetahui DNS Propagation di seluruh dunia dengan What’s My DNS?”

    • Halo Zaky, memang penyedia layanannya belum mendukung lokasi Indonesia untuk pengecekan propagasi DNS. Mungkin ke depannya. Tapi lokasi Singapura biasanya sudah cukup mewakili untuk Indonesia karena secara geografis cukup dekat.

  1. Hai, saya hanya ingin menambahkan satu hal, yaitu alat yang bagus untuk diingat, yang membantu Anda melihat penyebaran server DNS Anda dengan cara yang lebih rinci daripada whatsmydns.net adalah https://dnschecker.org/. Dengan lebih banyak server publik yang tersedia untuk memeriksa hasil propagasi langsung.

    Balas

Tulis komentar...